Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian Protokol Stack pada jaringan Komputer

Memahami protokol stack pada jaringan komputer
Didalam sebuah jaringan komputer terdapat sejumlah layer baik untuk pemodelan layer maupun untuk protokol jaringan, maka selain terdapat protokol layering juga terdapat protokol stack pada jaringan komputer. Mengenai protokol stack ini dapat diibaratkan  sebagai tumpukan-tumpukan dari beberapa buah protokol didalam jaringan komputer.

Pengertian protokol stack pada jaringan komputer
Protokol Stack atau dengan kata lain adalah tumpukan protokol dapat didefinisikan sebagai sekumpulan lapisan protokol atau protokol layer pada jaringan protokol yang terkumpulpada suatu layer pada jaringan komputer yang membentuk sebuah tumpukan atau stack. Stack dalam hal ini diartikan sebagai sebuah tumpukan layerpada jaringan komputer dimana setiap layer dapat memuat satu atau beberapa buah protokol dengan fungsi masing-masing. Setiap layer akan berkomunikasi dengan laye yang berada dibawahnya dan memberikan layanan pada layer yang berada diatasnya.

Dengan adanya protokol stack inilah semua aplikasi dan layanan didalam jaringan komputerdapat berjalan dengan baik dan setiap protokol akan menjalankan tugasnya masing-masing.

Tiga Ide utama pada protokol stack
Ada tiga buah ide utama pada protokol stack yang dapat membantu untuk memahami bagaimana proses yang ada pada protokol stack dan untuk apa protokol stack diciptakan. Ketiga ide utama tersebut meliputi: Information Hiding (penyembunyian informasi), Decouples Changes (pemisahan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi) dan Need Know Nothing (tidak perlu mengetahui apa yang terjadi)


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

2 comments:

  1. Protokol Stack atau dengan kata lain adalah tumpukan protokol dapat didefinisikan sebagai sekumpulan lapisan protokol atau protokol layer pada jaringan protokol yang terkumpulpada suatu layer pada jaringan komputer yang membentuk sebuah tumpukan atau stack.... baru tahu gan .... terima kasih sekali atas artikelnya...sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, semoga tutorial jaringan komputer tentang Pengertian Protokol Stack pada jaringan Komputer dapat bermanfaat

      Delete

Google+ Followers