Perbedaan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language)

DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language) adalah bagian dari DBMS (Database Management System) yang berisi perintah-perintah untuk membuat, merubah maupun memodifikasi dan menghapus data pada database. (Baca juga: Pengertian dan Fungsi DBMS (Database Management System)

Apa yang dimaksud DDL (Data Definition Language)?
DDL (Data Definition Language) merupakan kumpulan perintah SQL yang dipakai dalam pembuatan, perubahan dan penghapusan data pada database seperti: tabel, indeks, trigger, fungsi dan lain-lain. (Baca juga: Pengertian dan Fungsi DDL (Data Definition Language)

Berikut adalah perintah SQL yang termasuk DDL (Data Definition Language)
  • Create berfungsi untuk membuat database baru
  • Alter berfungsi untuk merubah database
  • Drop berfungsi untuk menghapus database
Apa yang dimaksud DML (Data Manipulation Language)?
DML (Data Manipulation Language) merupakan kumpulan perintah yang berfungsi untuk memanipulasi data pada tabel dalam database. DML (Data Manipulation Language) berisi kumpulan perintah seperti: menambah(Insert), merubah(update) dan menghapus(delete) data pada tabel. (Baca juga: Pengertian dan Fungsi DML (Data Manipulation Language)

Berikut adalah perintah yang termasuk DML (Data Manipulation Language)
  • Insert berfungsi untuk menambah data pada tabel
  • Update berfungsi untuk merubah data pada tabel
  • Delete berfungsi untuk menghapus data dari suatu tabel
Perbedaan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language) Perbedaan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language) Reviewed by Mujiono on 4:09 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.