Bagian-bagian Utama Laptop dan Fungsinya

Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang untuk mendukung kerjanya. Laptop adalah bentuk minimalis dari komputer sehingga untuk melakukan pekerjaan seperti: mengetik surat, membuat tabel, editing foto dan pekerjaan lain yang menggunakan komputer dapat digantikan dengan laptop. Laptop lebih simpel dan mudah dibawa kemana-mana sehingga kebanyakan orang pengguna komputer sudah beralih menggunakan laptop. Selain itu laptop lebih efisien dibandingkan dengan komputer desktop.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Perangkat Keras Komputer

Apa bagian - bagian utama dari laptop dan apa fungsinya?

Laptop mempunyai perangkat dan komponen yang hampir sama dengan komputer, akan tetapi komponen pada perangkat laptop mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan perangkat yang dimiliki oleh komputer. Berikut adalah beberapa komponen laptop dan fungsinya:

1. Chasing
Chasing pada laptop berfungsi untuk memasang semua perangkat laptop seperti: motherboard, LCD, dan perangkat lain. Chasing pada laptop juga berfungsi untuk melindungi perangkat keras yang ada didalam laptop.

2. Motherboard
Motherboard atau Mainboard merupakan sebuah komponen elektronik pada laptop yang berfungsi untuk memasang perangkat dan peripheral utama seperti prosessor, chipset, soundcard, VGA Card, dan perangkat lain untuk mendukung kinerja laptop.

3. LCD
LCD merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer berupa gambar maupun text. LCD adalah pengganti dari layar monitor pada komputer.

4. Processor
Processor merupakan perangkat yang berfungsi sebagai otak dari laptop. Semua aktifitas dan proses akan melalui prosessor sebelum ditampilkan atau dikeluarkan pada perangkat output.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Processor pada Komputer

5. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang berfungsi untuk memasukan data berupa angka, huruf dan symbol. Keyboard pada laptop dikemas seminimal mungkin sehingga kelihatan lebih rapi dan efisien.

6. TouchPad
TouchPad merupakan perangkat input pada laptop yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar LCD/monitor, Touchpad ini menggantikan peran mouse pada komputer akan tetapi touchpad menggunakan sentuhan untuk menggerakkanya.

Baca juga: Macam-macam Mouse komputer

7. RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum disimpan secara permanen pada media penyimpanan lainnya. Besarnya RAM akan mempengaruhi kecepatan proses dari laptop tersebut.

8. Harddisk
Harddisk merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen, Data yanga disimpan pada harddisk tidak akan hilang jika koita tidak menghapusnya. Besarnya kapasitas dari harddisk biasanya mempunyai ukuran Giga. Contoh ukuran kapasitas harddisk 160 GB, 250 GB, 320 GB, dan 500 GB

9. DVD
DVD merupakan sebuah perangkat peripheral yang berfungsi untuk membaca data dari CD, selain itu DVD juga dapat melakukan burning pada CD untuk menyimpan data pada kepingan CD.

10. Wireless Card
Wireless Card merupakan sebuah perangkat kyang berfungsi untuk media perantara tanpa menggunakan kabel. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk menangkap sinyal wifi dari Access Point atau perangkat lain tanpa menggunakan kabel.

11. Kipas
Kipas pada laptop berfungsi untuk mendinginkan perangkat laptop terutama Prosessor

12. Baterai
Baterai pada laptop berfungsi untuk menyimpan daya dan mensuplai daya pada perangkat laptop. Baterai pada laptop umumnya mempunyai kemampuan untuk dapat bertahan sampai 8 jam.
Bagian-bagian Utama Laptop dan Fungsinya Bagian-bagian Utama Laptop dan Fungsinya Reviewed by Mujiono on 1:25 PM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.