Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Cara Melihat Identitas BIOS pada Komputer / Laptop

BIOS merupakan sebuat perangkat lunak yang melekat pada motherboard sebagai pemberi informasi tentang perangkat keras apa saja yang tertanam pada komputer tersebut. BIOS tertanam di sebuah chip atau IC BIOS.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi BIOS pada komputer

BIOS pada komputer mempunyai banyak macamnya. Ada 3 BIOS yang paling sering digunakan pada komputer yaitu: AMI BIOS, PHOENIX BIOS dan AWARD BIOS. Masing-masing BIOS mempunyai keunikan sendiri-sendiri, sehingga dalam menampilkan informasi ke user masing-masing BIOS juga tentu berbeda-beda. Selain menampilkan informasi BIOS juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan pada komputer karena BIOS dapat memberikan pesan peringatan yang dapat dianalisa.

Baca juga: Macam-macam BIOS dan kode Beep pada BIOS

Bagaimana Cara melihat, BIOS apa yang digunakan pada komputer kita?

Untuk dapat melakukan identifikasi permasalahan kita harus tahu terlebih dahulu BIOS apa yang digunakan pada komputer kita, karena masing-masing BIOS mempunyai kode pesan berbeda-beda dalam menganalisa kerusakan pada perangkat. Untuk melihat identitas BIOS yang digunakan pada komputer kita, kita dapat menggunakan 3 cara, yaitu:

1. Dengan membuka PC atau Komputer
Cara ini dapat dilakukan untuk melihat secara fisik BIOS yang terpasang pada motherboard. Kita tinggal membuka perangkat komputer kita kemudian kita bisa melihat stiker yang melekat pada motherboard atau chipset

2. Dengan Menggunakan software
Cara ini sangat mudah dilakukan karena kita tidak perlu membongkar perangkat komputer kita. Untuk menggunakan cara ini kita membutuhkan aplikasi tambahan untuk dapat mengidentifikasi BIOS yang terdapat pada perangkat komputer kita. Software yang digunakan adalah " ctbios ", kita bisa searching ke google.com untuk dapat mengunduh aplikasi ini. Dengan aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengenali BIOS, memberikan informasi tentang motherboard, chipset bahkan password BIOS.

3. Membaca identitas BIOS pada saat komputer melakukan booting atau POST

Baca juga: Pengertian dan Fungsi POST pada Komputer

Pada saat komputer pertama dinyalakan, atau setelah kita menekan tombol power pada komputer, maka komputer akan melakukan prosedur POST. Pada saat prosedur POST ini kita dapat melihat informasi BIOS apa yang digunakan pada komputer kita. Identitas BIOS biasanya terletak di bagian bawah dari semua informasi.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers