Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Cepat Panas

Mengapa Komputer atau laptop saya cepat panas?

Komputer atau laptop yang cepat panas saat digunakan akan berpengaruh pada kinerja dari laptop atau komputer. Jika kondisi tersebut terus menerus dibiarkan maka yang terjadi adalah komputer akan restart dengan sendirinya, selain itu biasanya komputer atau laptop akan sering hang ika dalam kondisi yang sangat panas dan  efek paling negatifnya adalah kerusakan pada perangkat keras atau komponen dari laptop tersebut.

Apa yang menyebabkan komputer atau laptop cepat panas?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer cepat pada saat digunakan. Berikut adalah penyebab komputer cepat panas dan cara mengatasinya.

1. Komputer/Laptop cepat panas karena rusaknya kipas pendingin

Kipas pendingin pada komputer atau laptop berfungsi untuk mendinginkan suhu yang ada didalam laptop atau komputer pada saat komputer dinyalakan. Saat komputer atau laptop sedang menyala maka ada beberapa perangkat yang cepat panas akibat beban kerja dari perangkat tersebut, Dengan adanya kipas pendingin dapat menstabilkan suhu yang ada di dalam casing laptop atau komputer.

Baca juga: Tips Memasang Fan/Kipas Processor

Cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengganti Kipas pendingin pada komputer terutama pada bagian kipas prosessor, atau jika kita menggunakan komputer kita bisa juga memberi tambahan kipas baru agar suhu didalam komputer lebih cepat dingin.

2. Slot atau Komponen sangat kotor dan berdebu

Perangkat yang sangat kotor dan berdebu juga bisa menjadi penyebab komputer menjadi cepat panas, kebanyakan orang malas untuk membongkas chasing untuk hanya sekedar membersihkan komponen-komponen yang ada didalam komputer. Perangkat yang harus sering dibersihkan adalah: motherboard, RAM, slot PCI dan komponen lainnya

Cara mengatasi maslah tersebut adalah dengan membersihkan komponen yang adalah menggunakan kuas sehingga komponen-komponen komputer terbebas dari debu.

3. Menggunakan Aplikasi dan Program yang berat.

Penggunaan aplikasi yang terlalu berat akan membebani kerja dari processor, Processor dan RAM akan bekerja ekstra untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut sehingga menyebabkan komputer menjadi cepat panas. Program yang sangat membebani kerja processor biasanya adalah game yang mempunyai ukuran kapasitas sangat besar.

Cara mengatasinya adalah melakukan uninstall program yang dirasa sangat memberatkan kerja dari komputer atau laptop.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kerja Komputer dan Laptop

4. Penggunaan komputer atau laptop yang terlalu lama.

Penggunaan laptop yang terlalu lama juga akan menyebabkan komputer dan laptop menjadi panas, untuk itu jika kita sudah terlalu lama menyelakan komputer atau laptop, maka saya sarankan untuk mematikan perangkat tersebut sejenak agar perangkat juga dapat beristirahat dan bisa dingin kembali.




Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers