Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Menginstall Sistem Operasi Windows

Apa saja yang harus dilakukan setelah kita selesai melakukan instalasi sistem operasi pada windows baik itu windows XP, windows 7, Windows 8 dan lainnya? Jika windows mengalami kerusakan pada sistem maka langkah perbaikan yang paling mudah adalah menginstall ulang Sistem Operasi tersebut, akan tetapi kita harus tahu bahwa setelah kita menginstall kembali sistem operasi maka Sistem pada windows akan kembali ke semula seperti bawaan pabrik, tidak ada aplikasi yang terinstall kecuali perangkat aplikasi bawaan dari windows itu sendiri.

Jadi hal apa saja yang harus dilakukan ketika kita selesai melakukan installlasi? berikut adalah Beberapa hal yang wajib dilakukan setelah install ulang sistem operasi windows:

1. Install Driver Perangkat
Driver merupakan aplikasi pendukung untuk mendukung kinerja dari perangkat hardware yang ada pada komputer. Biasanya beberapa perangkat tertentu tidak terdeteksi oleh windows sehingga kita harus melakukan install driver secara manual agar perangkat pada komputer/laptop dapat berjalan dan kompatibel dengan windows.

Untuk melihat perangkat apa saja yang perlu diinstall drivernya, kita bisa masuk ke menu Device Manager pada Control Panel. Disana akan ada list dari perangkat yang ada pada komputer, jika ada perangkat yang ada tanda tanya (?) berarti kita harus melakukan installasi driver pada perangkat tersebut.

Pada saat kita membeli laptop baru atau perangkat komputer, kita pasti akan diberikan CD driver, kita tinggal install drivernya saja, akan tetapi jika kita tidak mempunyai CD Drivernya kita bisa mengunduh dari internet driver yang sesuai dengan perangkat yang kita gunakan.

2. Install Antivirus
Pengintallan antivirus harus segera dilakukan sebelum banyak perangkat lain yang menancap pada komputer tersebut. Antivirus akan memberikan perlindungan pada komputer anda dari serangan virus, trojan, malware dan gangguan lain yang akan menggangu kinerja dari sistem operasi.

Pemilihan antivirus juga harus memenuhi beberapa hal yaitu:
  1. Tingkat keamanan dan kemampuan dari antivirus tersebut
  2. Kemudahan dalam layanan termasuk dalam update dari antivirus.
  3. Sesuaikan antivirus dengan kemampuan komputer anda.
3. Install Aplikasi
Lakukan instalasi aplikasi yang dirasa penting, bermanfaat dan dibutuhkan sehingga jika kita bisa meminimalisir aplikasi yang diinstall maka kerja komputer akan lebih ringan dan proses akan lebih cepat. Hindari penginstallan aplikasi dengan fungsi yang sama (jika sudah ada google chrome, tidak perlu mengintall mozilla firefox)

Berikut adalah aplikasi yang wajib diinstall:
  1. Microsoft Office (Ms. Word, Ms Excel, Ms. Power Point)
  2. Winrar atau winzip
  3. PDF Reader
  4. Web Browser (Chrome, Mozilla, atau Opera)
  5. Aplikasi pemutar musik (Winamp, AIMP)
  6. Aplikasi pemutar video (Windows Media Player, GOM Player)





Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

1 comment:

Google+ Followers