Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Jenis-jenis Processor AMD (Advanced Micro Devices) - CPU Komputer

Processor atau CPU merupakan perangkat yang sangat penting pada komputer dan laptop, karena processor adalah otak dari komputer tersebut. Processor berfungsi mengatur semua proses pada komputer sehingga semua kerja komputer akan terpusat pada perangkat ini.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Processor / CPU Komputer

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jenis processor yang paling sering kita kenal ada 2, yaitu processor jenis Intel dan processor AMD. Untuk melihat apakah kita menggunakan processor jenis intel atau AMD kita dapat melihat secara langsung pada perangkat tersebut, karena merk dari processor akan melekat pada bagian processor. Selain itu kita juga dapat melihat secara langsung dengan masuk ke menu Control Panel\System and Security\System, disana akan terdapat informasi prosessor yang kita gunakan. Akan tetapi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang jenis-jenis dari prosessor AMD.

Baca juga: Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop

Apa itu AMD?

AMD atau Advanced Micro Devices merupakan perusahaan semikonduktor dari negara Amerika Serikat yang berpusat di Sunnyvale dari Negara bagian California. Perusahaan ini lebih focus dalam memproduksi microprocessor, kartu gravis (GPU), chipshet motherboard dan masih banyak lagi mengenai komponen utama untuk peralatan digital komputer. AMD sendiri sudah memproduksi berbagai jenis processor. Berikut adalah jenis-jenis processor AMD dari generasi ke generasi:

1. AMD K5
AMD K5 merupakan mikroprocessor yang dikembangkan AMD yang dapat support dan kompatible dengan processor jenis pentium. AMD K5 mempunyai kecepatan PR75, PR90, PR100, PR120, PR133, PR166, dan PR200.
2. AMD K6
AMD K6 merupakan mikroprocessor yang menggunakan arsitektur Intel x86. AMD K6 merupakan generasi ke enam buatan AMD yang kompatibel dengan motherboard untuk Pentium. Processor jenis ini setara dengan Pentium II.
3. AMD Athlon
AMD Athlon merupakan mikroprocessor generasi ke tujuh dari AMD. Processor jenis ini memiliki kemampuan yang sangat baik seperti system bus berkecepatan 200Mhz, sembilan execution pipelines (tiga pipeline untuk kalkulasi alamat, tiga untuk kalkulasi integer dan tiga untuk kalkulasi floating point dan instruksi 3DNow! dan MMX). Pada dasarnya AMD Athlon terbagi mengeluarkan 3 produk yang sejenis yaitu: AMD Athlon (K7), AMD Athlon 64 (K8L) dan AMD Athlon 64 FX.
4. AMD Sempron
AMD Sempron  merupakan processor dari AMD yang dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, karena memang pada saat itu AMD telah meluncurkan prosesor untuk pasar high-end, AMD Athlon 64. Fitur yang ditawarkan oleh AMD Sempron sama dengan AMD Athlon XP.
5. AMD 64 X2 Dual Core
AMD 64 X2 Dual Core menggunakan dua buah inti prcessor dalam sebuah prosessor. Processor ini mempunyai kecepatan yang lebih dibandingkan dengan processor sebelumnya.
6. AMD Opteron (AMD 64 / K8)
AMD Opteron merupakan mikroprosessor yang dikembangkan oleh AMD berkemampuan 64 bit yang dapat digunakan untuk workstation dan server. AMD Opteron dirilis pada tahun 2003 dengan arsitektur yang sama dengan processor AMD Athlon 64.
7. AMD Phenom (K10)
AMD Phenom merupakan processor yang dikembangkan oleh AMD yang memadukan performa tinggi dengan harga yang murah. Processor jenis ini relatif lebih murah dibandingkan dengan processor-processor jenis lain yang mempunyai kemampuan setara.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers