Pengertian dan Fungsi Driver pada Komputer

Mengapa perangkat keras komputer tidak bisa terbaca oleh sistem operasi?

Pada saat komputer selesai diinstall sistem operasi, biasanya ada beberapa perangkat keras pada komputer yang tidak teridentifikasi oleh sistem. Akibatnya kinerja dari perangkat tersebut tidak bekerja secara maksimal dan kadang tidak dapat berjalan sama sekali.

Baca juga: Pengertian Sistem Operasi

Didalam sistem operasi biasanya juga terdapat beberapa program default untuk mendeteksi dari perangkat keras yang ada, akan tetapi untuk perangkat model baru biasanya seseorang harus menginstall program tambahan agar perangkat dapat berjalan secara maksimal.

Apa yang harus dilakukan ketika perangkat keras / hardware tidak terdeteksi oleh sistem operasi?

Agar perangkat dapat terbaca dan dikenali oleh sistem operasi biasanya user harus menginstall program tambahan yang namanya driver. Driver sendiri biasanya akan dibawakan saat kita membeli perangkat keras tersebut. Setelash selesai memasang perangkat dan melakukan instalasi maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan install driver pada sistem operasi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Driver pada komputer dan apa fungsinya?

Driver adalah sebuah software / perangkat lunak pada komputer yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat keras atau hardware dalam komputer dan laptop. Pada saat kita membeli laptop baru biasanya kita akan diberikan CD yang didalamnya terdapat driver pada perangkat keras pada laptop tersebut.

Driver pada komputer memungkinkaa perangkat keras pada komputer dan laptop dapat bebkerja secara maksimal. Driver pada komputer biasanya akan menyesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan baik itu menggunakan sistem operasi 32 bit maupun sistem operasi 64 bit. Selain itu macam dari sistem operasi juga akan menentukan driver yang digunakan apakah kita menggunakan linux, windows Xp, windows 7 dan sistem operasi yang lain.

Baca juga: Perbedaan Windows 32 bit dengan Windows 64 bit

Bagaimana cara menginstall driver pada komputer atau laptop?

Cara menginstall driver pada 'komputer atau laptop ada 2 macam,
Cara yang pertama adalah dengan menginstall secara langsung software driver dari perangkat yang digunakan sesuai dengan merk dan typenya seperti driver NIC, driver VGA, audio, webcam dan perangkat lain.

Cara yang kedua adalah dengan cara:
  • Masuk ke menu Control Panel\System and Security\System kemudian pada sidebar sebelah kiri, pilih Device Manager.
  • Langkah selanjutnya adalah perhatikan perangkat mana saja yang belum terinstall driver, biasanya ada tanda (?) berwarna kuning jika driver belum terinstall.
  • Klik kanan pada perangkat yang akan diistall kemudian prilih Update Driver Software.
  • kemudian arahkan dimana letak dari driver tersebut disimpan.
  • Selanjutnya tunggu sampai sistem selesai memperbarui driver tersebut.
Pengertian dan Fungsi Driver pada Komputer Pengertian dan Fungsi Driver pada Komputer Reviewed by Mujiono on 8:09 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Semoga Tutorial Komputer tentang Pengertian dan Fungsi Driver pada Komputer dapat bermanfaat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.