Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi Kernel pada Sistem Operasi Komputer

Apa yang dimaksud dengan Kernel? Kernel adalah sebuah perangkat lunak bagian dari sistem operasi yang berfungsi melayani berbagai macam aplikasi untuk dapat mengakses perangkat keras komputer secara aman. Dengan kata lain Kernel bisa difungsikan sebagai perantara antara peragkat lunak aplikasi dan dan perangkat keras komputer.

Adapun definsisi dari Kernel antara lain:
  1. Kernel merupakan Sebuah perangkat yang berfungsi sebgai mediator atau sebuah perangkat yang membuat komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras komputer.
  2. Kernel adalah sebuah perangkat yang menyediakan pelayanan terhadap sistem seperti pengaturan memori untuk proses yang sedang berjalan, pengaturan file dan pengaturan inpu dan output pada komputer.
Setelah kita mempelajari pengertian dan definisi dari Kernel, sekarang apa fungsi dari Kernel itu sendiri? Berikut adalah fungsi dari Kernel pada sistem operasi komputer:
  • Kernel berfungsi untuk melayani perangkat lunak aplikasi untuk dapat mengakses perangkat keras atau hardware secara aman.
  • Kernel juga berfungsi sebagai pengatur  kapan dan berapa lama sebuah program aplikasi dapat menggunakan satu bagian perangkat keras. hal tersebut biasanya disebut dengan Multiplexing
  • Membantu dan mendukung perangkat lunak aplikasi untuk mengeksekusi dengan fitur abtraksi perangkat keras (hardware)
Selain Pengertian dan fungsi dari Kernel, Kita juga harus mengetahui beberapa kategori dari kernel. Berikut adalah penjelasan dari 4 kategori dari kernel:
  1. Kernel monolitik yaitu kernel yang mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.
  2. Kernel Microkernel adalah kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil dari abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut dengan server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
  3. Kernel Hybrid (modifikasi dari microkernel) adalah kernel yang persis atau mirip dengan microkernel, akan tetapi ia juga memasukkan beberapa kode atau tambahan kode di dalam ruangan kernel suapaya ia menjadi lebih cepat atau untuk meningkatkan performanya.
  4. Kernel Exokernel adalah kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi perangkat keras, akan tetapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi akses ke perangkat keras (hardware) secara langsung atau hampir-hampir langsung.
Demikianlah penjelasan dari Kernel pada sistem operasi komputer, semoga tutorial ini bisa bermanfaat.




Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

1 comment:

  1. Semoga tutorial komputer tentang Pengertian dan Fungsi Kernel pada Sistem Operasi Komputer

    ReplyDelete

Google+ Followers