Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Syarat Melakukan Upgrade RAM pada Komputer dan Laptop

Apa yang dimaksud dengan RAM (Random Access Memory) dan apa Fungsinya?

RAM atau Random Access Memori merupakan komponen yang sangat penting pada proses komputer, RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komputer atau laptop sebelum data tersebut di simpan pada media penyimpanan. Pada dasarnya ukuran dari RAM pada komputer atau Laptop akan mempengaruhi kinerja dari laptop atau komputer. Semakin besar kapasitas ukuran dari RAM, maka semakin cepat pula komputer atau laptop dalam memproses data.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi RAM Komputer (Random Access Memory)

Berapa ukuran kapasitas dari RAM?

Ukuran kapasitas pada RAM sangat bervariasi, sesuai dengan kapasitas dan spesifikasi komputer tersebut. Biasanya satuan ukuran dari RAM adalah Mega Byte (MB), akan tetapi seiring dengan perkembangan dari RAM itu sendiri ukuran kapasitas pada RAM menjadi lebih besar dan ukuran satuannya adalah Giga Byte (GB). RAm yang dijual dipasaran sangat bermacam-macam, ada yang berukuran 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, bahkan sampai 8 GB.

RAM berkapasitas kecil menyebabkan komputer menjadi lambat.

RAM mempunyai perasn yang sangat penting dalam memproses data, sehingga semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula kerja komputer atau laptop. Jika anda mempunyai laptop atau komputer dengan kapasitas yang kecil maka saya sarankan untuk melakukan upgrade pada RAM sehingga dengan melakukan upgrade pada RAM diharapkan kerja komputer atau laptop akan lebih cepat.

Apa yang dimaksud dengan Upgrade RAM?

Upgrade RAM pada komputer atau laptop adalah penambahan kapasitas RAM pada komputer atau laptop dengan tujuan untuk mengoptimalkan kerja dari komputer atau laptop sehingga komputer dan laptop dapat berjalan lebih cepat. Untuk melakukan upgrade RAM pada laptop atau komputer, ada beberapa hal yang harus dipertimabangkan dan diperhatikan. hal tersebut menjadi syarat untuk kita melakukan upgrade pada RAM.

Syarat Upgrade RAM (Random Access Memory) pada laptop dan komputer.

Berikut adalah syarat-syarat yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan upgrade RAM pada komputer atau laptop.

1. Tentukan tujuan utama kita melakukan Upgrade pada RAM
Sebelum kita melakukan upgrade pada RAM, terlebih dahulu kita harus tahu tujuan kita melakukan upgrade. Tujuan upgrade biasanya didasari dari kebutuhan personal dari masing-masing user. Seperti halnya jika kita seorang pelajar maka tentu tingkat kebuthan kita adalah untuk mengetik dan browsing diinternet untuk sekedar mencari informasi, ataupun bermain game. sehingga agar komputer dapat berjalan lebih cepat dan optimal maka diperlukan tambahan kapasitas RAM karena dengan RAM yang sebelumnya kinerja komputer sangat lambat.

Baca juga: Cara mengopimalkan Kerja Komputer dan Laptop

2. Mengetahui Spesifikasi prosessor.
Dengan megetahui spesifikasi prosessor, maka kita juga bisa memperkirakan kemampuan dari komputer tersebut. dan tentunya kita juga bisa tahu batas maksimal dalam penggunaanya. Maka dari itu penambahan kapasitas RAM akan mendukung kerja dari prosessor.

3. Batas maksimal memori yang bisa dibaca
Didalam informasi dari perangkat keras yang digunakan, disana akan tertera batas maksimal dari memori yang bisa digunakan, yaitu 8 GB. Jika kita melakukan upgrade lebih dari 8 GB misalkan 16 GB maka akan percuma, karena processor akan tetap membacanya dengan 8 GB.

4. Kecepatan RAM
Kecepatan proses merupakan tujuan utama dalam melakukan upgrade RAM. Dari data diatas, spesifikasi RAM yang digunakan adalah DDR3 800/1066. Tipe RAM DDR3 ada beberapa macam misalnya  PC8500, PC10600, PC12800, PC15000 dan PC16000. Dan data masing-masing kecepatannya adalah : PC8500 = 1060 Mhz, PC10600 = 1333 Mhz, PC12800 = 1600 Mhz, PC15000 = 1875 Mhz dan PC16000 = 2000 Mhz

5. Ketahui channel memori yang mendukung processor
Channel disni dimaksudkan tipe memori yang nantinya terpasang akan disesuaikan dengan dudukan slot yang tersedia. Sebagai contoh saya sediakan dua tipe RAM yang berbeda :
* corsair 8 GB PC1060/ DDR3/ CMS08GX3M1A1333C9
* corsair 8 GB PC1060/ DDR3/ dual channel CMS08GX3M1A1333C9

6. Sesuaikan dengan jenis RAM yang digunakan
Pada dasarnya RAM mempunyai beberapa jenis tergantung dari slot memori yang digunakan, pastikan anda mengetahui jenis RAM yang digunakan sebelum membeli RAM yang baru. karena jika kita salah dalam membeli RAm maka RAM tersebut tidak bisa dipasang pada motherboard. Jenis RAM yang masih beredar sampai sekarang adalah SDRAM, DDR, DDR 2 dan DDR3.




Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers