Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi Web Hosting

Pengertian Web Hosting

Web Hosting atau mungkin lebih sering dikenal dengan hosting adalah sebuah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data dari sebuah halaman web ataupun aplikasi online agar dapat diakses melalui internet. Hosting mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan web karena semua data dalam dokumen html nantinya disimpan di dalam sebuah web hosting sehingga bisa diakses dimana saja melalui internet.

Perusaan penyedian Web Hosting akan menyediakan server-server yang bisa disewakan kepada user lain sehingga masing-masing orang dapat menempatkan data mereka pada web hosting tersebut.

Web hosting biasanya menyediakan kapasitas media penyimpanan dengan ukuran tertentu kepada para user, dan user diberikan hak akses untuk dapat mengelola hosting tersebut.


Fungsi Web Hosting

Web Hosting berfungsi untuk menyediakan layanan yang memungkinkan user dapat menyimpan data mereka (baik itu database dan html) untuk dapat diakses dari mana saja melalui jaringan internet. Web hosting akan memudahkan kita untuk mencari informasi didunia internet. kita juga bisa berbagi dengan orang banyak dari data yang telah kita buat seperti halnya artikel, berita, sebuah kejadian dan lain sebagainya.

Biasanya para perusahaan penyedia web hosnting juga menyediakan domain sehingga kita bisa menye dan membeli domain dan hosting dalam satu paket. Hal ini sangat memudahkan kita dalam mengelola data yang kita punya.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Domain

Macam-macam Web Hosting 

Virtual (shared) hosting adalah jenis web hosting yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Karena didalam satu server terdapat banyak hosting-hosting menjadi satu dan salah satu dari hosting tersebut adalah milik anda serta terdapat juga banyak domain. Kebanyakan orang menggunakan hosting jenis ini karena biaya sewanya lebih murah dibandingkan dengan web hosting lainnya.

Free Hosting, Hosting jenis ini juga paling banyak digunakan para pemula karena kita tahu bahwa anda tidak perlu membayar apa-apa untukd dapat menggunakan layanan ini akan tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri.

Dedicated Hosting, Hosting jenis ini biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda.

Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi HTML (Hypertext Markup Language)

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting

1. Kapasitas
Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah hosting anda perlu memperhatikan bearapa kapasitas yang dibutuhkan dalam website anda, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Anda harus memilih dengan teliti sesuai kebutuhan anda karena semakin besar kapasitas media penyimpanan web hosting maka tentunya harganya juga lebih mahal.

2. Teknologi yang digunakan
Teknologi yang digunakan oleh penyedia hosting juga sangat perlu untuk diperhatikan, apakah servernya menggunakan sistem operasi Linux ataupun Windows, dan jika anda membuat file PHP maka pastikan hosting tersebut mendukung file PHP. Demikian pula apabila anda membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl, Python, dan Ruby maka hosting tersebut juga harus mendukung file tersebut.

3. Suppot
Support sangat diperlukan dalam jasa layanan web hosting, pastikan web hosting tersebut memiliki support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba anda mendapat masalah dengan website anda maka anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting tersebut.

4. Database
Jika anda membangun sebuah website dinamis, pastikan bahwa web hosting tersebut menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakan dan apa saja apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.

5. Backup
Sebelum kita memastikan untuk membeli sebuah hosting tanyakan apakah web hosting tersebut melakukan backup data anda setiap hari? Ini penting karena ada banyak hosting kurang ajar yang tidak melakukan back up dan apabila data anda tiba-tiba hilang mereka tidak mau tahu.

6. Bandwith
Badwitch sangat penting pada sebuah website jadi periksa kapasitas bandwith yang disediakan oleh web hosting anda. semakin besar bandwith maka semakin cepat akses terhadap website anda. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Banyak website yang tiba-tiba down ketika memiliki trafik yang tinggi, ini dikarenakan bandwith hosting tersebut tidak mencukupi dengan trafik yang sangat tinggi.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

3 comments:

Google+ Followers