Perkembangan HTML (Hypertext Markup Language)

Pengertian HTML

HTML atau HyperText Markup Language adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah website sehingga dari halaman website tersebut dapat menampilkan informasi yang berguna bagi para pengguna internet.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi HTML (Hypertext Markup Language)

HTML Versi 4.0 dan Seterusnya

HTML 4.0 sebuah bahasa pemrograman web yang diperkenalkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) pada bulan Desember tahun 1997, yang antara lain menyertakan fitur CSS (Cascading Style Sheets), yang mendukung pembuatan aplikasi yang dinamis. HTML menjadi sangat fenomenal karena banyak orang yang mulai menggunakan HTML.


Tahun 1999 muncul HTML 4.1. Setelah kemunculan HTML 4.1, XHTML 1 lahir. Secara prinsip spesifikasi pada XHTML sama seperti pada HTML 4.01. Hal yang membedakan adalah sintaks bahasanya. XHTML menerapkan aturan yang lebih ketat daripada HTML, yakni mengharuskan pembuat dokumen harus mengikuti aturan XML (eXtended Markup Language). Selain itu, dalam penulisan dokumen semua tag dan atribut dalam dokumen harus ditulis dengan menggunakan huruf kecil, sementara pada HTML, tag dan atribut boleh ditulis dengan huruf capital, huruf kecil, ataupun kombinasi. XHTML 1.0 diteruskan dengan XHTML 2.0. Namun, versi yang terbaru ini kurang mendapat tanggapan dari para vendor.

Baca Juga: Pengertian Website dan Sejarah Website

HTML Versi 5 (HTML5)

HTML5 (angka 5 dan HTML tidak dipisahkan oleh spasi) dikembangkan oleh badan lain yaitu WHATMG (Web Hypertext Application Technology Working Group). Spesifikasi HTML5 belum final saat ini, tetapi diyakini oleh banyak orang akan menjadi standar yang diterima di masa depan. Walaupun belum final, HTML5 telah menebar pesona. Beberapa browser (lihat Tabel 1.1) sudah mendukung HTML5.
Perkembangan HTML (Hypertext Markup Language) Perkembangan HTML (Hypertext Markup Language) Reviewed by Teori Komputer on 12:09 PM Rating: 5

1 comment:

  1. keren gan atikelnyaa, jangan lupa yaa kunjungin blog gue www.cararidho.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.