Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer

Pengertian Mac Address pada Jaringan Komputer

Mac Address atau Media Access Control Address adalah sebuah alamat jaringan yang berada pada lapisan data link layer pada lapisan model OSI. Alamat ini berisi kode unik yang diberikan untuk tiap bagian dari perangkat keras jaringan komputer yang terhubung pada jaringan internet. Mac Address biasanya terletak pada perangkat seperti LAN Card, Router, Wireless Card dan perangkat lain yang menjadi bisa terhubung dengan jaringan internet.

Baca Juga: Pengertian dan Tugas Internet Protocol pada Jaringan Komputer

Dalam sebuah komputer Mac Address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (biasanya terletak pada LAN Card atau NIC Card dan wireless network Card. Mac Address sendiri memiliki panjang 48 bit yang diberikan secara unik pada perangkat keras jaringan sehingga masing-masing perangkat jaringan memiliki Mac Address yang tidak mungkin sama dengan perangkat yang lain. MAC terdiri atas 12 digit bilangan heksadesimal (0 s/d F), 6 digit pertama merepresentasikan vendor pembuat kartu jaringan.

Contoh Mac Address: 02-00-4C-4F-F0-50

Baca Juga: Penjelasan Kode-kode yang Terdapat Pada Mikrotik RouterBoard

Fungsi Mac Address pada Jaringan Komputer

Mac Address berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat keras jaringan komputer sehingga perangkat bisa berkomunikasi. Karena keunikan Mac Address tersebut maka jaringan komputer dapat diidentifikasi siapa yang mengakses sebuah jaringan.

Baca Juga: Fitur-fitur Mikrotik Router

Cara mudah melihat Mac Address pada komputer

Ketika kita menggunakan sistem operasi windows maka cara paling mudah untuk melihat Mac address yang ada pada komputer kita adalah melalui Command Prompt (CMD) dengan mengetikan ipconfig/all.


Dari gambar diatas bisa disimpulkan bahwa jika komputer memiliki 2 jalur untuk akses jaringan internet maka komputer tersebut memiliki MAC Address berjumlah dua.



Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers