Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Data-data Yang Dibawa Paket IP ( Internet Protocol ) Pada Pengiriman Data dalam Jaringan

Untuk memudahkan pengiriman paket data dalam jaringan komputer, setiap paket internet protocol atau IP akan membawa data yang terdiri atas :
  1. Version, adalah versi dari protokol IP yang sedang dipakai dalam perangkat tersebut.
  2. Header Length, merupakan panjangnya dari header paket IP dalam hitungan 32 bit word.
  3. Type of Service, adalah sebuah paket yang berisi kualitas service yang dapat mempengaruhi bagaimana cara penanganan paket IP secara jelas.
  4. Total length Of Datagram, merupakan panjang IP datagram total dalam ukuran byte.
  5. Identification, Flags, dan Fragment Offset, adalah sebuah paket yang berisi data yang berhubungan fragmentasi paket data.
  6. Time to Live, adalah paket yang berisi jumlah router/hop maksimal yang dilewati paket IP (datagram). Jumlah Nilai maksimum field dalam paket ini adalah 255. Setiap kali paket IP melewati satu router maka isi dari field akan berkurang satu. Jika TTL telah habis dan paket tetap belum sampai ke tujuan, paket ini akan dibuang dan router terakhir akan mengirimkan paket ICMP time exceeded. Hal ini dilakukan untuk mencegah paket IP terus menerus berada dalam network.
  7. Protocol, paket ini mengandung angka-angka yang mengidentifikasikan protokol layer atas pengguna isi data dari paket IP ini. (Baca Juga" Alur Proses Pengiriman data Dalam Jaringan Komputer)
  8. Header Checksum, merupakan nilai checksum yang dihitung dari jumlah seluruh field dari header paket IP.Sebelum dikirimkan, protokol IP terlebih dahulu menghitung checksum dari header paket IP tersebut untuk nantinya dihitung kembali di sisi penerima. Jika terjadi perbedaan, maka paket ini dianggap rusak dan dibuang.
  9. Source Address dan Destination Address, adalah isi dari masing-masing field, yaitu sebuah alamat pengirim dan alamat penerima dari datagram. Masing-masing field terdiri dari 32 bit, sesuai panjang IP Address yang digunakan dalam Internet. 
  10. Destination address merupakan field yang akan dibaca oleh setiap router untuk menentukan kemana paket IP tersebut akan diteruskan untuk mencapai destination address tersebut. Struktur IP Address ini secara lebih jelas akan diuraikan pada bagian selanjutnya.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Friends