Teknik Pencarian Pola Sekuensial (Sequence Mining) pada Data Mining

Pengertian Data Mining

Data mining adalah proses yang mempekerjakan satu atau lebih teknik pembelajaran komputer (machine learning) untuk menganalisis dan mengekstraksi pengetahuan (knowledge) secara otomatis.
Setelah sebelumnya membahas tentang Teknik Kaidah Asosisasi(association rules Discovery/Descriptive) pada Data Mining, pada pembahasan kali ini Tutorial Komputer akan membahas tentang salah satu teknik lagi yang ada di dalam data mining. Kita tahu bahwa ada banyak teknik yang bisa digunakan dalam data mining yang meliputi: Classification/Predictive, Clustering/Descriptive, Association Rule Discovery/Descriptive, Sequential Pattern Discovery/Descriptive, Regression/Predictive, dan DeviationDetection/Predictive. Akan tetapi teknik yang akan kita bahas kali ini adalah tentang teknik teknik Pencarian pola sekuensial (Sequence Mining).


Baca Juga: Teknik Kaidah Asosisasi(association rules Discovery/Descriptive) pada Data Mining

Pengertian teknik Pencarian pola sekuensial (Sequence Mining) pada Data Mining

Pencarian pola sekuensial (Sequence Mining) adalah Mencari sejumlah event yang secara umum terjadi bersama-sama. Contoh, dalam satu set urutan DNA, ACGTC diikuti oleh‘GTCA setelah suatu celah selebar 9 dengan probabilitas sebesar 30.%.

Jika diberikan sekumpulan obyek, dengan masing-masing obyek dihubungkan dengan waktu kejadiannya maka dapatkan pola yang memprediksi ketergantungan sekuensial. (sequential dependencies) yang kuat diantara kejadian-kejadian yang berbeda.
(A B)   (C) -> (D    E)

Baca Juga: Teknik Klasterisasi/clustering dan Aplikasinya pada Data Mining

Pola-pola sekuensial pertama, pada dasarnya dibentuk dengan cara mencari semua kemungkinan pola yang ada. Nilai-nilai kejadian dalam pola diatur berdasarkan urutan waktu kejadian.
(A B) (C) (D  E)

Teknik Pencarian Pola Sekuensial (Sequence Mining) pada Data Mining Teknik Pencarian Pola Sekuensial (Sequence Mining) pada Data Mining Reviewed by Teori Komputer on 8:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.