Jenis-Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer harus memiliki untuk menghindari berbagai macam serangan oleh para hacker/cracker. Selain itu serangan juga bisa berasal dari lingkungan sekitar kita. Untuk itu bagi tenaga administrator jaringan harus jeli dalam menggunakan jenis sistem keamanan yang digunakan.


Pada dasarnya jenis keamanan dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

1. Keamanan fisik dari jaringan komputer
Keamanan fisik lebih ditekankan pada hardware atau perangkat keras. Hal ini digunakan untuk melindungi perangkat atau hardware tetap dalam kondisi baik untuk melakukan operasi pada jaringan.

Baca Juga: Metode Dalam Perancangan Jaringan Komputer

2. Kemanan jaringan
Keamanan jenis ini lebih bertipe ke abstrak.Jadi kemanan ini dilakukan oleh benda yang tidak tampak, baik itu menggunakan software atau perintah lainnya. Contoh pengamanan jaringan adalah dengan menggunakan firewall ataupun proxy yang digunakan untuk mem filter user yang akan menggunakan jaringan.

3. Otorisasi akses
Otorisasi akses adalah penggunaan password atau kata sandi jika kita ingin mengakses sesuatu di jaringan.Hal ini dimaksudkan untuk memastikan hanya user tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan.

Baca Juga: Prinsip Dasar Keamanan Jaringan Komputer

4. Proteksi Virus
Virus adalah sebuah metode penyerangan sistem komputer dengan menggunakan sebuah program yang dapat membuat sistem kacau dan mengalami kerusakan. Virus sendiri bisa diatasi dengan menginstall antivirus pada komputer dan selalu update databasenya yang terbaru.

5. Penanganan bencana
Perencanaan bencana adalah Perencanaan langkah-langkah yang akan diambil jika terjadi bencana yang mengakibatkan rusaknya sebuah sistem dan hilangnya data-data penting. Hal ini dimaksudkan agar kerusakan pada sistem lebih cepat teratasi.
Jenis-Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer Jenis-Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer Reviewed by Teori Komputer on 6:02 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.