Pengertian dan Fungsi Keamanan Jaringan

Pengertian Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah suatu cara dan upaya yang digunakan untuk memeberikan perlindungan atau proteksi terhadap sistem agar terhindar dari serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin melakukan pencurian data.

Keamanan jaringan komputer merupakan bagian dari dari sebuah sistem informasi yang sangat penting untuk menjaga validitas dan integritas data serta menjamin ketersediaan layanan begi penggunanya. Sistem harus dilindungi dari segala macam serangan dan usaha penyusupan atau pemindaian oleh pihak yang tidak berhak.

Baca Juga: Macam-macam Video pada Komunikasi video

Sumber Gambar: mikrosiber2.com

Fungsi Keamanan Jaringan

Keamanan Dalam jaringan komputer sangat penting sekali karena bertujuan untuk melindungi data yang telah tersimpan didalam database. Komputer yang terhubung ke jaringan mengalami ancaman keamanan yang lebih besar daripada host yang tidak terhubung kemana-mana.

Baca Juga: Pengertian, Manfaat dan Bentuk Komunikasi Video

Dengan mengendalikan network security, resiko tersebut dapat dikurangi. Namun network security biasanya bertentangan dengan network acces, karena bila network acces semakin mudah, network security makin rawan. Bila network security makin baik, network acces semakin tidak nyaman. Suatu jaringan didesain sebagai komunikasi data highway dengan tujuan meningkatkan akses ke sistem komputer, sementara keamanan didesain untuk mengontrol akses. Penyediaan network security adalah sebagai aksi penyeimbang antara open acces dengan security.
Pengertian dan Fungsi Keamanan Jaringan Pengertian dan Fungsi Keamanan Jaringan Reviewed by Teori Komputer on 8:27 AM Rating: 5

1 comment:

  1. mantap gan blog nya , jangan lupa mampir ke website ane ya www.infowisatadankuliner.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.