Pengertian dan Prosedur Packet Filtering Pada Keamanan Jaringan

Pengertian Packet Filtering Pada Keamanan Jaringan

Paket filtering firewall merupakan salah satu jenis teknologi keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk mengatur paket-paket data apa saja yang diizinkan masuk ke dalam sistem atau jaringan dan paket-paket apa saja yang diblokir. Packet filtering umumnya digunakan untuk memblokir lalu lintas yang mencurigakan yang datang dari alamat IP yang mencurigakan, nomor port TCP/UDP yang mencurigakan, jenis protokol aplikasi yang mencurigakan, dan kriteria lainnya.


Baca Juga : Tool dan Cara Scanning Ke Sistem pada Keamanan Jaringan

Bagian Yang Akan Diperiksa Pada Packet Filtering

Adapun ada beberapa bagian yang akan diperiksa dari paket data tersebut adalah bagian header yang berisi informasi penting, yaitu:
1. IP address sumber
2. IP address tujuan
3. Protokol ( TCP/UDP/ICMP )
4. Port sumber dari TCP atau UDP
5. Port tujuan dari TCP atau UDP
6. Tipe pesan dari ICMP
7. Ukuran dari paket

Baca Juga: Prosedur Network Scanning dan Port Scanning pada Keamanan Jaringan

Internet adalah gabungan PC yang dihubungkan melalui router-router yang saling terkoneksi dimana setiap PC memiliki alamat yang berbeda-beda (unik). Firewall jenis ini bekerja dengan cara membandingkan alamat sumber dari paket-paket tersebut dengan kebijakan pengontrolan akses yang terdaftar dalam Access Control List firewall, router tersebut akan mencoba memutuskan apakah hendak meneruskan paket yang masuk tersebut ke tujuannya atau menghentikannya.
Pengertian dan Prosedur Packet Filtering Pada Keamanan Jaringan Pengertian dan Prosedur Packet Filtering Pada Keamanan Jaringan Reviewed by Teori Komputer on 9:33 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.