Kelebihan dan Kelemahan VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

Pengertian VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

VLAN (Virtual Local Area Network) merupakan kumpulan dari beberapa perangkat dalam jaringan LAN atau lebih yang terkonfigurasi dengan menggunakan perangkat lunak(pengelola) sehingga perangkat tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain. Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jik menggunakan VLAN, selain keamanan dan hemat dalam pembiayaan ada beberapa keuntungan lain. 

Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

Setiap sistem dalam jaringan komputer tentu memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing, akan tetapi dengan mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan dari sistem tersebut maka kita bisa memutuskan akan sistem tersebut layak digunakan pada jaringan yang sedang kita bangun atau tidak. Karena pada infrastruktur dan ketersediaan perangkat akan mempengaruhi layak atau tidaknya sebuah sistem digunakan. Berikut adalah keuntungan menggungan VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer.



Kelebihan Menggunakan VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer.
  1. Security / Keamanan : security atau keamanan dalam jaringan memang sangat penting sekali sehingga dengan menggunakan VLAN keamanan data dari setiap divisi dapat dibuat tersendiri, karena segmennya bisa dipisah secara logika dan Lalu lintas data dibatasi segmennya.
  2. Cost reduction / Hemat Biaya : Dengan menggunakan sistem VLAN maka dapat dilakukan penghematan biaya yaitu dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan  efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.
  3. Higher performance / Performa yang lebih baik : Sistem VLAN memungkinkan pembagian jaringan layer 2 ke dalam beberapa kelompok broadcast domain yang lebih kecil, sehingga akan mengurangi lalu lintas packet yang tidak dibutuhkan dalam jaringan.
  4. Broadcast storm mitigation : VLAN juga memungkinkan dilakukan pembagian jaringan ke dalam VLAN-VLAN akan mengurangi banyaknya device yang berpartisipasi dalam pembuatan broadcast storm. Hal ini terjadinya karena adanya pembatasan broadcast domain.
  5. Improved IT staff efficiency : Dengan menggunakan VLAN dalam jaringan akan memudahkan manajemen jaringan karena pengguna yang membutuhkan sumber daya yang dibutuhkan berbagi dalam segmen yang sama.
  6. Simpler project or application management : VLAN menggabungkan para pengguna jaringan dan peralatan jaringan untuk mendukung perusahaan dan menangani permasalahan kondisi geografis.

Kelemahan Menggunakan VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer.
  1. Menggunakan VLAN secara logika memang berbeda network akan tetapi pada kenyataanya secara fisik satu network saja.
  2. Ketika ada broadcast maka pesan broadcast akan dikirim ke semua
  3. Apabila jumlah host banyaka maka akan mempengaruhi kerja DHCP dan ketika jumlah banyak host-nya maka kerja DHCP akan berantakan dan tidak bisa diduga.
Kelebihan dan Kelemahan VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer Kelebihan dan Kelemahan VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer Reviewed by Teori Komputer on 7:46 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Terima kasih atas ilmu nya...sukses terus untuk www.teorikomputer.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.