Cara Menggunakan Kamera dan Prinsip Kerja Kamera dalam Multimedia

Pengertian Kamera Digital dalam Multimedia

Kamera digital merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat gambar dari obyek, kemudian untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor (CCD dan CMOS) yang membuat hasil dari byek tersebut direkam dalam format digital dan dapat disimpan ke dalam media simpan digital seperti memori. Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media simpan digital tersebut. Kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.

Baca Juga: Sejarah Fotografi dari Tahun ke Tahun dalam Perkembangan Multimedia 

Prinsip Kerja Kamera dalam Multimedia

Prinsip kerja kamera adalah dengan cara menangkap cahaya. Cahaya yang masuk ke dalam kamera melalui lensa (Subjek dapat dilihat terlebih dahulu melalui viewfinder),kemudian difokuskan agar diterima oleh sensor cahaya yang memilah-milah cahaya berdasarkan komponennya. Informasi mengenai konsentrasi komponen cahaya ini diterjemahkan dan diubah menjadi informasi digital untuk kemudian disimpan dalam media penyimpan. Cahaya masuk ke dalam kamera melalui bagian yang disebut lensa.

Baca Juga: Pengertian Fotografi Pada Multimedia

Cahaya dipastikan hanya boleh melalui bagian lensa ini yang berupa lubang (berbentuk lingkaran). Lubang ini ibarat jendela kamera ke dunia luar, dan jendela ini punya ukuran lubang tertentu, persis saat kita membuka mata atau menutup mata. Kamera sendiri juga memiliki komponen untuk mengatur kecepatan si lubang ini membuka saat kita perintahkan. Dengan mengatur dua properties ini, intensitas cahaya yang masuk ke kamera dapat diatur.


Selain itu Lensa juga berfungsi sebagai pengatur supaya cahaya secara tajam dapat difokuskan. Fokus adalah saat kita bisa melihat obyek pada visualisasi yang paling jelas, kebalikan dengan yang disebut blur. Kalau menyangkut cara kerja, fokus adalah saat cahaya yang dilewatkan tepat jatuh ke bidang sensor kamera, seperti setelah cahaya lewat kornea mata kita dan tepat jatuh di retina maka kita bisa fokus melihat suatu obyek.
Cara Menggunakan Kamera dan Prinsip Kerja Kamera dalam Multimedia Cara Menggunakan Kamera dan Prinsip Kerja Kamera dalam Multimedia Reviewed by Teori Komputer on 2:07 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.