Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini perkembangan teknologi Komputer dan teknologi komunikasi tidak bisa terpisahkan. Kedua teknologi ini berkembang sangat pesat secara bersamaan. Akan tetapi kadang kita salah menafsirkan bahwa teknologi komputer juga sama dengan teknologi komunikasi.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Untuk bisa mengetahui perbedaan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi kita harus melihat dari berbagai sisi. Berikut adalah perbedaan teknologi komputer dan teknologi komunikasi


1. Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi dari Sisi Definisi

Bila dilihat dari sisi pengertian atau definisi dari masing masing teknologi tersebut Teknologi Komputer atau teknologi informasi adalah sebuah studi yang menggunakan peralatan elektronika khususnya komputer untuk menganalisis, menyimpan dan mendistribusikan informasi, baik itu kata-kata, angak atau juga gambar (Kamus Oxford, 1995) sedangkan Teknologi Komunikasi adalah sebuah perangkat keras yang terdapat didalam sebuah struktur organisasi yang mempunyai nilai sosial sehingga perangkat itu bisa mengumpulkan, memproses, serta saling tukar menukar informasi bersama individu-individu yang lain.

Baca Juga: Cara Mematikan Program / Aplikasi Yang Not Responding

2. Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi dari sisi Alat Yang Digunakan

Jika dilihat dari segi alat yang digunakan teknologi komputer sudah sangat jelas menggunakan sebuah perangkat komputer, laptop, kalkulator dan perangkat yang lain. sedangkan teknologi komunikasi menggunakan perangkat yang sering digunakan untuk komunikasi dan juga pertukaran sebuah file seperti surat, telepon, radio, ponsel, televisi, faksmile, walkie talkie, dan mic.

Baca Juga: Cara Menggunakan Rumus IF Excel (Fungsi IF)

3. Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi dari sisi Fungsinya

Apabila dilihat dari segi fungsi maka perbedaaan teknologi tersebut bisa dijabarkan sebagai berikut: Teknologi komputer berfungsi untuk menciptakan sebuah program komputer yang mana program, tersebut dapat mengahsilkan seseuatu. Contohnya, program microsoft word, microsoft word sendiri adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk membuat sebuah dokumen.selain itu juga aplikasi web browser dimana web browser diciptakan untuk memudahkan para pengguna teknologi komputer agar dapat menjelajah dunia melalui internet. Sedangkan Teknologi Komunikasi berfungsi untuk memudahkan seseorang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa dihalangi oleh jarak. Contohnya surat. Dengan adanya surat, orang yang satu dapat menjalin hubungan meskipun terpisahkan jarak yang lumayan jauh. Contoh lainnya adalah telepon dan ponsel. Fungsi utama dengan diciptakannya telepon dan ponsel juga sama dengan surat. Hanya saja , dengan menggunakan telepon dan ponsel, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi jauh lebih cepat dibandingkan surat.
Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi Reviewed by Unknown on 8:53 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Mau tanya mas, ada file dalam bentuk PDF untuk perbedaan secara detail teknologi komputer dan teknologi komunikasi, biar ada bahan bacaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau file pdf tidak punya mas....saya biasanya ambil referensi dari buku

      Delete

Powered by Blogger.