Kelebihan dan Kelemahan Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing

Setelah sebelumnya membahas artikel tutorial komputer tentang pengertian dan Fungsi dari Cloud Computing, Pada kesempatan kali ini www.teorikomputer.com akan membahas materi tenatang kelebihan dan kelemahan Cloud Computing. Akan tetapi sebelum ke pembahasan maka sedikit mengingat kembali tentang arti dari Cloud Computing itu sendiri.

Cloud Computing adalah sebuah teknologi berbasis komputer yang digabungkan dengan pengembangan berbasis internet (Cloud) dengan tujuan untuk menyediakan layanan media penyimpanan. Dengan demikian maka para user dapat menggunakan layanan tersebut untuk menyimpan data.

Untuk lebih memahami dari cloud computing meungkin akan lebih mudah untuk melihat beberapa layanan yang menyediakan cloud computing. Dari sekian banyak layanan yang paling populer dari cloud computing adalah Google Drive. Google Drive sendiri adalah layanan cloud computing yang dikembangkan oleh google sehingga kebanyakan orang pasti mengenal Google Drive.

Akan tetapi dari sekian banyak manfaat dan fungsi dari cloud computing tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya.


Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Cloud Computing

Kelebihan Cloud Computing

1. Meminimalisir Biaya. 
Salah satu kelebihan dari Cloud Computing yang paling ditonjolkan adalah penggunaan Cloud Compuitng mampu menekan dan meminimalisir biaya sehingga ketika kita menyewa jasa cloud computing maka kita tidak perlu lagi memikirkan hardware atau perangkat keras yang digunakan.

2. Memudahkan akses dari mana saja
Cloud Computing memungkinkan kita untuk dapat mengakses data dari manapun kita berada, karena pada dasarnya penggunaan cloud computing menggunakan akses internet sehingga kita bisa mengakses data dari mana saja asalkan bisa terhubung dengan internet.

3. Menyedikan Layanan Premium
Ketika data yang kita simpan didalam cloud computing sudah penuh kita bisa mengajukan tambahan layanan ke premium sehingga kita akan mendapatkan tambahan kapasitas yang baru.

4. Hemat dalam perawatan dan pemahaman sistem
Biasanya cloud computing dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar sehingga sebagai user kita tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan dan pemahaman terhadap sistem kerja dari cloud computing itu sendiri. Sehingga kita hanya perlu untuk menggunakan fasilitasnya saja.

Baca Juga: Jenis-jenis Sistem Operasi Open Source

Kekurangan Cloud Computing

1. Rawan Kebocoran Data
Karena yang namanya cloud Computing berhungan dengan akses internet, maka akan sangat riskan terhadap data yang disimpan. sehingga apabila akun sudah dibobol oleh hacker maka tidak menutup kemungkinan data yang kita miliki akan tersebar luas diinternet.

2. Biaya 
Penyedia Layanan Cloud Computing menyediakan beberapa kelas dalam layananya. sehingga semakin banyak fasilitas dan layanan yang didapatkan maka tentunya biaya akan semakin mahal
Kelebihan dan Kelemahan Cloud Computing Kelebihan dan Kelemahan Cloud Computing Reviewed by Mujiono on 11:28 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.