Pengertian dan Fungsi Aplikasi

Pengertian Aplikasi Adalah

Aplikasi atau application dalam ilmu komputer bisa diartikan sebagai sebuah software atau perangkat lunak yang berjalan pada sistem tertentu untuk dapat melakakan perintah atau intruksi.

Pada saat sekarang ini banyak sekali aplikasi yang bisa kita jumpai,. karena pada jaman sekarang kebanyakan orang menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan pekerjaannya. Ada beberapa kategori dari aplikasi yang bisa kita jumpai pada saat ini, yaitu:

  • Aplikasi mobile, aplikasi ini sekarang banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu aplikasi yang dijalankan pada perangkat mobile, seperti chrome, uC browser, Facebook lite, twitter mobile, Whatsapp, dan aplikasi lainnya.
  • Aplikasi Web, yaitu sebuah aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada perangkan komputer(PC) dan laptop. Biasanya kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi tersebut sebelum menggunakannya. Contoh dari aplikasi desktop adalah ms office, gom player, winamp media player dan lain-lain.
  • Aplikasi Web, yaitu sebuah aplikasi yang dijalankan dengan menggunakan perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan. Biasanya aplikasi ini berbasis server-client sehingga ada komputer yang bertugas sebagai server yang menampung semua data dan client akan memanggil aplikasi tersebut dari desktop mereka.

Baca Juga: Fungsi dan Cara kerja Bandwidth dalam Jaringan


Pengertian Aplikasi menurut Pada Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan teori tentang aplikasi, berikut adalah pengertian dari aplikasi menurut beberapa ahli:

1. Sri Widianti
Menurut Sri Widianti, arti aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat sebagai front end sebuah sistem yang dipakai untuk mengelola data sehingga menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

2. Rachmad Hakim S.
Menurut Rachmad Hakim S, pengertian aplikasi adalah sebuah software yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya; untuk mengolah dokumen, permainan (game), dan lain sebagainya.

3. Ali Zaki dan Smitdev Community
Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, pengertian aplikasi adalah suatu komponen yang bermanfaat sebagai media untuk mengoperasikan pengolahan data atau kegiatan lainnya, misalnya; membuat dan mengolah file atau dokumen.

4. Hengky W. Pramana
Menurut Hengky W. Pramana, pengertian aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan, misalnya; pelayanan masyarakat, aktivitas niaga, periklanan, game, dan berbagai aktivitas lainnya.

5. Harip Santoso
Menurut Harip Santoso, pengertian aplikasi adalah suatu kelompok file (report, class, form) yang dibuat untuk mengeksekusi kegiatan tertentu yang saling berhubungan, misalnya; aplikasi fixed asset dan aplikasi payroll.

Baca Juga: Jenis-jenis Cache pada Komputer

Fungsi Aplikasi Adalah

Aplikasi menjadi trend untuk saat ini, hampir semua bidang pekerjaan berusaha untuk membuat aplikasi untuk memudahkan kerja mereka. Berikut adalah fungsi dari aplikasi:

1. Fungsi Aplikasi Pada Bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan aplikasi berkembang pesat yang banyak digunakan untuk bahan pembelajaran. Aplikasi memungkinkan guru dan siswa tiak harus bertatap muka tetapi bisa menggunakan aplikasi berbasis web. Selain itu dengan aplikasi juga dapat digunakan untuk membuat ujian online sehingga guru langsung bisa mengetahui hasil nilai yang didapatkan.

2. Fungsi Aplikasi Pada Bidang Kedokteran
Pada bidang kedokteran aplikasi akan membantu mepermudah dokter untuk membuat analisis untuk mediagnosis penyakit, dan masih banyak lagi aplikasi yang digunakan dalam ilmu kedokteran

3. Fungsi Aplikasi Pada Bidang Bisnis
Dari semua bidang, fungsi aplikasi yang paling banyak dimanfaatkan adalah dalam bisang bisnis. hampir semua orang menggunakan aplikasi untuk melakukan bisnis. baik itu email, website, aplikasi untuk jual beli dan lain-lain.

4. Fungsi Aplikasi Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan
Dalam bidang pengetahuan aplikasi berfungsi untuk mempercepat memperoleh informasi sehingga sangat cepat dalam melakukan pengembangan. Untuk mempelajari sesuatu kita bisa bergabung dengan aplikasi berbasis komunitas sehingga kita bisa melakukan sharing terhadap apa yang sedang kita pelajari dan mendapatkan pengalaman dari orang-orang yang tergabung dalam komunitas tersebut.

5. Fungsi Aplikasi Dalam Bidang Militer
Sebenarnya banyak aplikasi yang digunakan untuk militer, seperti halnya aplikasi pengenal sidik jari, aplikasi pengontrol pesawat dan lain sebagainya
Pengertian dan Fungsi Aplikasi Pengertian dan Fungsi Aplikasi Reviewed by Mujiono on 7:54 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.