Pengertian dan fungsi jaringan Client Server

Melanjutkan materi tutorial sebelumnya tentang pengertian komputer dan perangkat keras komputer, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang type jaringan berdasarkan fungsinya, setelah sebelumnya ada jaringan peer to peer. Sesuai dengan judul artikel ini saya akan mengulas tentang jaringan client server. Sesuai dengan namanya pada jaringan ini terdapat dua elemen yang yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula yaitu server dan client. Berbeda dengan jaringan peer to peer yang tidak memerlukan server terpusat, pada jaringan client server sudah ada pembagian kerja secara khusus antara komputer server maupun komputer client, sehingga setiap komputer mempunyai fungsi yang berbeda. Komputer server pada jaringan client server berfungsi untuk melayani komputer client sedangkan komputer client adalah komputer yang dilayani oleh komputer server, akan tetapi client bisa mengakses komputer server dengan hak akses tertentu. akan tetapi setiap jaringan yang dibangun pasti mempunyai kelemahan maupun kelebihan. Berikut adalah kelemahan dan kelebihan dari jaringan client server:

1. Kelebihan jaringan client server.
  • Kecepatan akses yang lebih tinggi karena adanya penyediaan fasilitas dan pelayanan yang dilakukan oleh komputer server sehingga kerja dari komputer client tidak terlalu berat.
  • Sistem keamanan dan administrasi jaringan yang lebih baik bila dibanding dengan jaringan peer to peer, karena sudah ada komputer tersendiri yang bertugas untuk mengelola administrasi jaringan dan sistem keamanan dari jaringan tersebut.
  • Sistem back up yang lebih baik, karena penyimpanan data dapat dilakukan pada komputer server.
2. Kekurangan jaringa client server
  • Biaya operasional untuk membangun jaringan client server relatif lebih mahal karena harus ada komputer berkemampuan khusus dan spesifikasi tinggi untuk komputer server.
  • Harus ada komputer yang berkemampuan khusus dengan spesifikasi tinggi yang bertugas sebagai server dalam jaringan.
  • Kelangsungan sistem jaringan sangat tergantung pada server, karena semua data dan administrasi jaringan berada pada server, dan bila komputer server bermasalah maka semua sistem jaringan akan terganggu.
Semoga artikel ini bermanfaat .....
Pengertian dan fungsi jaringan Client Server Pengertian dan fungsi jaringan Client Server Reviewed by Mujiono on 2:29 PM Rating: 5

1 comment:

  1. makasih ya,ini bermanfaat banget,jadi tau fungsinya ^^
    www.rajalistrik.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.