Pengertian dan Fungsi Bluetooth

Bluetooth merupakan perangkat yang selalu melekat pada smartphone pada saati ini. Bluetooh menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap perangkat untuk bertukar informasi dan data. Untuk itu pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pengertian bluetooth, fungsi bluetooth, cara kerja bluetooh beserta kelebihan dan kelemahan dari bluetooth.

Pengertian Bluetooth
Bluetooth adalah peralatan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan media kabel, misalnya smartphone dengan smartphone dan perangkat lain yang terpasang bluetooth. Bluetooth beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan frekuensi hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi tanpa kabel dengan jarak yang terbatas.

Fungsi Bluetooth
Bluetooth berfungsi untuk media komunikasi antar perangkat sehingga mempermudah pengiriman atau sharing file, audio bahkan video. Bluetooth sendiri sebenarnya diciptakan untuk menggatikan media kabel sebagai media perantara sehingga lebih praktis dan efisien.

Cara kerja Bluetooth
Bluetooth terdiri atas beberapa perakat pendukung seperti radio transceiver, baseband link Management dan Control, Baseband (processor core, SRAM, UART, PCM USB Interface), flash dan voice codec. Perangkat - perangkat tersebut akan saling berhubungan satu sama lain sehingga bisa tercipta sebuah komunikasi. Baseband link controller menghubungkan perangkat keras radio ke baseband processing dan juga layer protokol fisik sedangkan Link manager akan melakukan aktivitas protokol tingkat tinggi, yaitu seperti melakukan link setup, autentikasi dan juga konfigurasi.

Kelebihan menggunakan Bluetooth
  • Media komunikasi yang praktis karena tidak membutuhkan kabel
  • Dapat menembus beberapa rintangan seperti halnya dinding, dayu dan lain-lain
  • Dapat melakukan sinkronisasi data dari perangkat mobile dengan komputer atau laptop
Kelemahan Menggunakan Bluetooth
  • Jarak komunikasi terbatas
  • Menggunakan frekuensi yang sama dengan sinyal wifi
  • Banyak virus yang tersebar melalui media bluetooth
  • Kecepatan transfer tidak stabil karena tergantung dari perangkat pengirim dan penerima
Pengertian dan Fungsi Bluetooth Pengertian dan Fungsi Bluetooth Reviewed by Mujiono on 4:51 AM Rating: 5

5 comments:

  1. Bluetooth perangkat yang sangat penting untuk saat ini, hampir semua perangkat smart phone dan hp ada bluetoothnya, terima kasih artikel ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, semoga tutorial komputer tentang Pengertian dan Fungsi Bluetooth dapat bermanfaat

      Delete
  2. Bahkan smartphone yang bisa mengirim file menggunakan wifi pun masih dilengkapi dgn bluetooth. Memeang gak bisa dilupakan. Visit my blog http://iqtishadun.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. thanks for this usefull article, waiting for this article like this again. Best Yoga Mat for Beginners

    ReplyDelete

Powered by Blogger.