Cara Melakukan Disk Defragmenter Harddisk pada Windows

Pengertian dan Fungsi Disk Defragmenter

Disk Defragmenter pada windows merupakan tool yang berfungsi untuk menata ulang kembali file dan program yang ada pada windows. Tool ini sangat bermanfaat ini karena dapat membantu kita untuk mengembalikan file dan program yang tempatnya tidak beraturan.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Disk Defragmenter pada Windows

Mungkin ada sebagian orang yang belum pernah menggunakan tool ini, entah apakah tidak mengerti fungsi dan cara penggunaannya atau bahkan karena malas untuk menggunakannya. Aplikasi ini adalah bawaan dari windows sehingga setiap windows baik windows XP, windows 7 dan jenis windows lainnya pasti ada program ini.

Bagaimana cara menggunakan tool Disk Defragmenter pada Windows?

Untuk melakukan Disk Defragmenter pada windows sangatlah mudah karena program ini sudah ada pada sistem operasi winsows sehingga kita tidak perlu lagi mencari program dan menginstallnya. Berikut adalah langkah-langkah melakukan disk defragmenter pada windows:
  • Buka terlebih dahulu tool Disk Defragmenter pada windows dengan cara : Start --> All Program --> Accesories --> System Tool --> Pilih Disk Defragmenter
  • Selanjutnya pilih menu Analyze Disk untuk mengetahui partisi harddisk yang akan didefrag atau tidak.
  • Kemudian Pilih Defragment Disk untuk melakukan penataan ulang pada harddisk.
  • Pada sistem operasi jenis windows 7 keatas defrag pada partisi harddisk bisa dilakukan secara bersamaan, sedangkan pada windows XP defrag pada harddisk hanya bisa dilakukan satu persatu.
Cara Melakukan Disk Defragmenter Harddisk pada Windows Cara Melakukan Disk Defragmenter Harddisk pada Windows Reviewed by Mujiono on 11:49 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.