Pengertian dan Fungsi Disk Defragmenter pada Windows

Apa itu Disk Defragmenter pada Windows?

Disk Defragmenter adalah sebuah software tool pada sistem operasi windows yang berfungsi untuk menata kembali file yang terseimpan di dalam sebuah harddisk pada komputer. File yang ditata oleh Disk Defragmenter bisa berupa sisa dari program yang telah terinstall ataupun program yang di uninstall. Selain itudata juga bisa berupa hasil jejak file yang pernah dicopy ataupun file yang pernah dihapus. File - file tersebut akan meningggalkan jejak yang jika dibiarkan lama kelamaan dapat menyebabkan menurunnya performa sistem operasi windows. Disinilah peran dari Disk Defragmenter karena windows tidak bisa melakukannya secara otomatis sehingga harus dilakukan secara manual.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Registry pada Komputer



Apa Fungsi Disk Defragmenter pada Windows?

Disk defragmenter berfungsi untuk menata ulang kembali file yang pernah terinstall pada harddisk komputer kita, baik itu program yang pernah diinstall dan diuninstall, juga jejak dari file yang pernah di copy maupun di delete.

Baca Juga: Cara Melakukan Disk Defragmenter Hardisk Pada Windows

Sebagai perumpamaan Disk defragmenter pada windows bisa diibaratkan sebagai petugas perpustakaan. Buku yang ada didalam perpustakaan setelah dibaca oleh pengunjung maka buku tersebut tidak dikembalikan pada tempat sebagaimana mestinya, sehingga peran dari petugas perpus adalah untuk mengembalikan buku ketempat semula.
Pengertian dan Fungsi Disk Defragmenter pada Windows Pengertian dan Fungsi Disk Defragmenter pada Windows Reviewed by Teori Komputer on 11:20 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.