Pengertian dan Fungsi Antivirus

Apakah yang dimaksud dengan Antivirus?

Antivirus adalah sebuah perangkat lunak / software komputer yang berfungsi sebagai pelindung komputer dari serangan virus. Antivirus ini akan memberikan perlindungan dan keamanan pada data dan sistem yang ada pada komputer.

Virus biasanya akan menyerang pada komputer yang tidak terdapat antivirus didalamnya, sehingga komputer tersebut menjadi berpenyakit akibat virus tersebut. Beberapa gejala komputer terkena virus diantaranya:

  • Komputer menjadi sangat lambat, ini terjadi karena virus biasanya menduplikasi dirinya sehingga memenuhi ruang yang ada pada media penyimpanan. (Baca juga: Cara memaksimalkan Kerja Komputer dan Laptop)
  • Data yang ada pada komputer tidak bisa dibuka, ini terjadi karena ada beberapa file yang termakan oleh virus.
  • Data atau file ter hidden atau disembunyikan oleh virus, biasanya komputer yang terkena virus maka data yang terkena virus akan dihidden oleh virus sehingga meskipun data kelihatan kosong akan tetapi setelah dilihat di properties ukuran datanya sangat besar. (Baca juga: Cara Menampilkan File Hidden atau Cara Mengembalikan File Yang Di Hidden Virus)
  • Komputer atau Laptop sering restart dengan sendirinya,
  • Banyak program shortcut pada komputer
  • File atau data hilang (biasanya file dengan ekstensi .exe)

Apa Fungsi dari Antivirus ?

Fungsi utama dari Antivirus adalah memberikan perlindungan dan keamanan pada data komputer dari serangan virus. Sehingga pengguna komputer tersebut akan merasa aman dan nyaman dalam menyimpan data mereka.

Virus komputer biasanya menyebar melalui media penyimpanan seperti flashdisk dan perangkat lain, selain itu virus bisa juga masuk pada saat kita browsing atau mengakses internet. Untuk itu pengguna harus lebih sering melakukan update pada antivirus.
Contoh - Contoh antivirus

  • Smadav
  • AVG
  • Avira
  • Norton
  • BitDefender
  • Kaspersky
  • Microsoft Security Essentials
  • Trend Micro
  • McAfee Secure
  • Dll
Pengertian dan Fungsi Antivirus Pengertian dan Fungsi Antivirus Reviewed by Mujiono on 2:22 PM Rating: 5

10 comments:

  1. Artikel bagus nih min... Antivirus mmng slh satu aplikasi yg wajib harus ada di pc. Hehehe

    Btw kalo yg mau cari anrivirus bisa search kangsunh fi filegaleri.com

    ReplyDelete
  2. Saya rasa bagi pengguna windows 8 dan 10 tidak perlu lagi menggunakan antivirus tambahan, sebab pada versi windows tersebut sudah terpasang secara bawaan pada sistemnya yaitu antivirus Windows Defender. Kecuali pada versi windows dibawahnya harus mendownload aplikasinya langsung pada situs microsoft.
    Tetapi tidak masalah juga jika anda mau memasang antivirus lainnya. Pilihlah antivirus terbaik untuk PC/Laptop yang sesuai dengan spesifikasi agar kinerjanya tidak membuat lambat PC/Laptop anda.

    ReplyDelete
  3. Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  4. Infections can actually spread far and wide in just minutes, affecting a great many unprotected and ill-equipped clients and organizations for all intents and purposes immediately and at the same time. click here

    ReplyDelete
  5. Antivirus is a type of software used to save, know, and eliminate computer viruses from computer schemes. Antivirus 2021 is also said to be virus protection software. This program can determine if a computer scheme has been infected with a tak or virus.

    ReplyDelete
  6. TECH > PRINTER > ERROR

    Canon printer error code 5011generally occurs on the screen whenever there is any defect in the printer cartridge holder which is utterly jammed in the printer and due to this it shows an error code 5011. check blog for solution.

    ReplyDelete
  7. Thank you because you have been willing to share information with us. we will always appreciate all you have done here because I know you are very concerned with our. buy online quick heal antivirus

    ReplyDelete

Powered by Blogger.