Pengertian dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer

Apakah yang dimaksud dengan gateway? Pada saat kita melakukan konfigurasi IP address pada sebuah komputer maka kita pasti diminta untuk mengisikan sebuah alamat IP Gateway pada jaringan tersebut. Untuk itu kita pasti sering bertanya-tanya, Apa sebenarnya Gateway itu dan Apa fungsinya?
Untuk mengetahui hal tersebut coba kita perhatikan penjelasan dari Gateway berikut:

Pengertian Gateway pada jaringan komputer
Gateway merupakan sebuah gerbang jaringan atau sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer  dengan satu jaringan komputer lain atau lebih dengan menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi yang diberikan oleh jaringan komputer bisa diterima oleh jaringan komputer lain yang memiliki protokol yang berbeda.

Apa yang harus diisikan pada kolom Gateway pada saat kita melakukan konfigurasi IP address pada jaringan komputer? Gateway pada jaringan komputer biasanya diisikan alamat IP Address yang menjadi gerbang utama lalu lintas sebuah jaringan. Biasanya gateway diisikan IP address modem atau IP address pada Router. Tetapi jangan sampai disalah artikan bahwa Gateway bukan berarti modem ataupun juga router karena komponen tersebut sangat-sangatlah berbeda.

Apa fungsi dari Gateway?
Gateway berfungsi untuk menghubungkan 2 jenis jaringan komputer yang mempunya arsitektur yang berbeda. Pada jaringan komputer gateway dapat diaplikasikan pada Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN)

Gateway akan berperan sebagai protokol converting yang memungkinkan dua arsitektur jaringan yang berbeda dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Sebuah gateway jaringan adalah sistem internetworking yang menghubungkan 2 (dua) jaringan bersama-sama dan bisa dikonfigurasi dalam aplikasi (perangkat lunak), hardware (perangkat keras) ataupun keduanya. Jaringan gateway bisa beroperasi pada setiap tingkat dari model lapisan OSI (Open System Interconnection). Kita tahu bahwa terdapat 7 lapisan pada OSI layer. Tujuh Lapisan OSI (OSI seven layer model) tersebut diantaranya: physical layer (Lapisan fisik), data link layer (Lapisan koneksi data), network layer (Lapisan jaringan), transport layer (lapisan transpor), session layer (lapisan sesi), presentation layer (Lapisan presentasi), dan application layer (lapisan aplikasi).
Pengertian dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer Pengertian dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 11:55 PM Rating: 5

1 comment:

  1. informasinya berupa pengertian semua.

    ga ada sub dan klasifikasiya min

    mohon kunjungi blog saya juga ya http://legidjahari.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Powered by Blogger.