Pengertian dan Fungsi Upgrade BIOS - Basic Input Output System

Apakah yang dimaksud dengan upgrade BIOS?

Upgrade BIOS atau Flashing BIOS adalah yaitu sebuah proses penggantian program dasar pada BIOS sehingga program dari BIOS dapat diperbaharui ke versi yang lebih baru. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar BIOS dapat mengenali perangkat keras yang baru. Kita tahu bahwa perkembangan dari perangkat kers pada komputer sangat cepat sehingga kadang beberapa BIOS standart tidak dapat membaca dan mengenali perangkat tersebut.


Proses upgrade bios akan mereplace program BIOS versi lama menjadi program BIOS versi baru. Untuk melakukan upgrade pada BIOS kita harus sangat berhati-hati, karena jika terjadi kesalahan pada saat melakukan upgrade maka komputer akan mati total. Untuk melakukan upgrade biasanya menggunakan software utilitas. Software tersebut akan dijadikan menjadi bootable pada CD atau pada Flashdisk.

Apa Fungsi dari Upgrade BIOS?

Fungsi dari upgrade BIOS yang utama adalah penggatian program dasar dari BIOS ke program yang baru dengan tujuan agar BIOS dapat mengenali dan membaca perangkat lunak dan perangkat keras yang baru.

Mengapa kita harus melakukan Upgrade BIOS?

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kita harus melakukan upgrade BIOS pada motherboard. Berikut adalah alasan kenapa ugrade BIOS harus dilakukan:
  • Munculnya prosessor jenis baru dan bios tweak sehingga akan lebih meningkatkan performa dari sebuah komputer. Ini dilakukan biasanya pada komputer rakitan sehingga pada saat kita melakukan upgrade pada prosessor maka biasanya juga akan dilakukan upgrade pada BIOS.
  • BIOS berisi sebuah bug sehingga terdapat beberapa fitur dari BIOS yang tidak berfungsi. Untuk itu BIOS harus diupdate agar fitur pada BIOS dapat berjalan dengan lancar.
Pengertian dan Fungsi Upgrade BIOS - Basic Input Output System Pengertian dan Fungsi Upgrade BIOS - Basic Input Output System Reviewed by Mujiono on 4:24 PM Rating: 5

2 comments:

  1. Sukses , Kinerja Pc jauh makin meningkat setelah upgrade bios

    ReplyDelete
  2. Sukses , Kinerja Pc jauh makin meningkat setelah upgrade bios

    ReplyDelete

Powered by Blogger.