Pengertian Multi User dan Multi Tasking pada Komputer

Pengertian Multi User Pada Komputer

Multi User adalah Sebuah sistem dimana dua atau lebih user dapat bekerja sama menggunakan perangkat yang sama (komputer atau peripheral) untuk saling berbagi pakai penggunaan aplikasi dan sumber daya yang ada pada komputer seperti printer, harddisk dan perangkat lain pada waktu yang bersamaan. Biasanya agar multi tasking dapat berjalan secara optimal maka perlu juga dibangun jaringan komputer untuk mendukung dari multi tasking ini.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi

Contoh penerapan multiuser pada komputer:

  • Dari beberapa user user yang ada pada jaringan komputer akan melakukan pekerjaan printing secara bersama-sama menggunakan printer yang sama. 
  • Penggunaan aplikasi untuk ujian online yang dijalankan oleh satu komputer dan diakses oleh banyak komputer user.


Pengertian Multi Tasking pada Komputer

Multi Tasking adalah Sebuah sistem pada sistem operasi yang memungkinkan untuk dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi user. Sistem ini hampir semua bisa berjalan pada semua jenis sistem operasi saat ini seperti Linux dan Windows. Dengan adanya sistem multi tasking ini user dapat melakukan 2 pekerjaan dalam satu waktu sehingga lebih cepat dan lebih efisien dalam pengelolaan waktu.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Perangkat Keras pada Fungsi Sistem Operasi


Contoh penerapan multi tasking pada komputer:

  • Melakukan pekerjaan mengetik sambil melakukan printing terhadap berkas.
  • Melakukan pekerjaan perhitungan di microsoft excel sambil mendengarkan musik.
Pengertian Multi User dan Multi Tasking pada Komputer Pengertian Multi User dan Multi Tasking pada Komputer Reviewed by Mujiono on 10:52 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.