Pengertian Manajemen Perangkat Keras pada Fungsi Sistem Operasi

Salah satu dari fungsi sistem operasi yang paling umum adalah sebagai manajemen perangkat keras komputer. Sistem operasi akan berfungsi sebagai pengendali akses terhadap berbagai perangkat keras dan peripheral yang terhubung ke komputer seperti printer, scanner, harddisk, Memori,  Processor, CD Room dan perangkat lain yang terhubung pada komputer.

Baca Juga: Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer

Akses terhadap berbagai perangkat keras (hardware) yang terhubung pada komputer disediakan oleh sistem operasi melalui suatu aplikasi yang dikenal dengan istilah driver. Setiap driver dibuat untuk mengendalikan satu perangkat keras sehingga masing-masing perangkat keras yang terhubung ke komputer memliki driver masing-masing. Driver sendiri adalah Sebuah software / perangkat lunak pada komputer yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat keras atau hardware dalam komputer dan laptop. Jadi setelah kita melakukan installasi sistem operasi yang baru pada komputer kita juga harus menginstall driver masing-masing perangkat keras.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Driver 



Instalasi aplikasi driver ini dilakukan sendiri sistem operasi pada saat instalasi ataupun waktu perangkat keras dihubungkan ke komputer. Mekanisme instalasi secara otomatis saat perangkat dihubungkan ini dikenal dengan istilah Plug and Play (PnP). Plug And Play adalah sebuah fitur yang ada pada komputer yang memperbolehkan suatu perangkat ditambahkan ke sistem komputer.
Pengertian Manajemen Perangkat Keras pada Fungsi Sistem Operasi Pengertian Manajemen Perangkat Keras pada Fungsi Sistem Operasi Reviewed by Teori Komputer on 8:36 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.