Pengertian dan Fungsi Subneting pada jaringan Komputer

Pengertian Subneting pada Jaringan Komputer

Subneting adalah sebuah cara memisahkan dan mendistribusikan beberapa alamat IP address pada jaringan komputer. Subneting akan membentuk sebuh kelompok IP yang bisa digunakan pada network tersebut. Alamat IP sendiri didesain untuk dapat digunakan secara berkelompok (sub jaringan / subnet). Host atau perangkat komputer yang terletak pada subnet yang sama atau pada network yang sama dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsung (tanpa melibatkan router/routing).

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi IPv4 pada Jaringan Komputer


Fungsi Subneting pada jaringan komputer

Subneting pada jaringan komputer berfungsi untuk mengelompokan dan mendistribusikan beberapa alamat IP sehingga komputer yang terhubung dalam satu subnet dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Beberapa gambaran tentang subneting yaitu:

  • Apabila jaringan dianalogikan sebuah jalan, apabila disepanjang jalan cuma ada 8 rumah, ketua RT mengumumkan sesuatu dari rumah ke rumah lewat jalan itu.
  • Apabila sepanjang jalan sudah penuh rumah butuh ada gang-gang. Butuh ada ketua RT tiap gang untuk meminimalis transportasi saat pengumuman dan mengatur urusan RTnya sendiri


Notasi Subnet pada Jaringan Komputer

Subnet ditulis dalam format 32 bit (seperti IP Address pada komputer), atau dalam bentuk desimal (prefix Length).
Sebagai contoh, network 192.168.10.0 yang memiliki subnet mask 255.255.255.0 dapat direpresentasikan di dalam notasi prefix length sebagai 192.168.10.0/24.


Pengertian dan Fungsi Subneting pada jaringan Komputer Pengertian dan Fungsi Subneting pada jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 10:45 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.