Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer

Apa yang dimaksud dengan VPN (Virtual Private Network)?

Pengertian VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer
VPN atau Virtual Private Network merupakan hubungan antara jaringan komputer satu dengan jaringan komputer yang lain secara privat melalui jaringan internet.VPN juga bisa diartikan sebagai virtual network dan private network yang artinya jaringan yang menggunakan internet sebagai media perantara antar jaringan dan bersifat privat karena hanya orang tertentu yang dapat mengakses jaringan tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Telnet (Telecomunication Network)

Dengan menggunakan VPN sesorang akan merasa lebih aman dengan jalur lalu lintas data yang dilaluinya, karena dengan VPN hanya orang-orang ktertentu saja yang dapat mengaksesnya. VPN biasanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat rahasia seperti data tentang sebuah perusahaan, data - data user dan lain sebagainya.


Apa Fungsi VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer
VPN adalah jalur lalu lintas jaringan yang bersifat private, Berikut adalah fungsi dari jaringan VPN (Virtual Privat Network):

1. Kerahasiaan (Confidentially).
VPN merupakan sebuah jaringan yang menggunakan koneksi internet sebagai media perantara, tentunya hal tersebut sangat rawan dan dapat menjadi celah daripada hacker untuk mengambil data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan ata akan cukup terjamin dari pencurian data.

2. Keutuhan data (Data Integrity).
VPN mempunyai kemampuan untuk menjaga keutuhan keamanan data dan informasi yang dikirim dari alamat sumber sehingga dapat diterima dengan baik pada alamat ayang dituju.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Proxy pada Jaringan Komputer

3. Autentikasi sumber (Origin Authentication).
VPN juga memungkinkan untuk melakukan autentikasi sumber data yang diterima sehingga VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil.

Manfaat VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer
  • Remote access, dimana VPN bisa berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh asalkan bisa terhubung dengan jaringan internet
  • Keamanan, dengan VPN data dan informasi yang dikirim akan lebih aman karena ada autentikasi sumber.
  • Biaya setup jaringan lebih murah


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

7 comments:

  1. Terimakasih ya gan atas pengetahuanya, Salam kenal gan,.,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, dan salam kenal balik, terima kasih sudah berkunjung di blog saya

      Delete
  2. keren gan blog nya ke indek no. 1 di gugel pake keyword "tutorial komputer" ............. keren gan ..... kasih tips2nya dong gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan ...tipsnya hanya fokus dan membuat artikel yang original

      Delete
  3. Oh, jadi ini pengertian VPN, lengkap dan jelas banget gan. Trima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sam, semoga tutorial jaringan komputer tentang Pengertian dan Fungsi VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer dapat bermanfaat

      Delete
  4. Get Blazing Fast Virtual Private Server (Asia Optimized) For Affordable Price Here - THESTACK.NET

    ReplyDelete

Google+ Followers