Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan fungsi Telnet (Telecommunication Network)

Apa yang di maksud dengan Telnet?

Pengertian Telnet (Telecommunications network protocol)
Telnet atau Telecommunications Network Protocol adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.

Pengertian dari Telnet bisa dijabarkan sebagai remote login yang yang terjadi pada jaringan komputer yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan login dan bekerja dari jarak yang jauh melalui jaringan internet. Pengguna dapat mengakses dan menjalankan komputer dari jarak yang jauh melalui service dari protokol telnet.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi VPN (Virtual Private Network)

Apakah Fungsi dari Telnet?

Fungsi Telnet (Telecommunications network protocol)
Fungsi utama dari telnet adalah untuk mengontrol dan mengakses komputer dari jarak yang jauh melalui jaringan internet. Telnet juga memungkinkan pengguna untuk melalukan login sebagai administrator atau user dan menjalankan program atau aplikasi yan ada pada komputer tersebut.

Apa Kelebihan dan kekurangan menggunakan Telnet?

1.    Kelebihan Telnet
Kelebihan menggunakan telnet adalah memudahkan pengguna untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh.selain itu user interface yang cukup ramah, maksudnya pengguna dapat memberikan perintah dari jarak jauh (remote) jadi seolah-olah penggunanya mengeksekusi perintah pada command line pada komputer tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi FTP (File Transfer Protocol) berserta Cara Kerjanya

2.    Kekurangan Telnet
Adapun kekurangan dari Telnet yaitu tingkat keamanan data dan program kurang baik yang memungkinkan pengguna NTLM authentication tanpa adanya enkripsi sehingga dapat memudahkan pencurian password yang dilakukan oleh sniffers, jika kita administrator sistem maka disarankan untuk menggunakan SSH pada Linux daripada Telnet Server untuk mengkonfigurasikan sistem kita.

Itulah sekilas pengertian dan fungsi dari telnet, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

5 comments:

  1. Artikel anda tentang Pengertian dan fungsi Telnet (Telecommunication Network) sangat membantu, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, semoga tutorial jaringan komputer tentang Pengertian dan fungsi Telnet (Telecommunication Network) dapat bermanfaat

      Delete
  2. itu artikel pengertian dan fungsi telnet, maaf cuman itu aja ada tambahan lagi gak?

    ReplyDelete
  3. izin Copas Pengertiannya gan hihi

    ReplyDelete
  4. Thanks for providing this informative information you may also refer.
    http://www.s4techno.com/blog/2016/07/24/restart-httpd-server/

    ReplyDelete

Google+ Followers