Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Bagaimana Cara Virus Menyerang Komputer Kita?

Apa Itu Virus Komputer?

Virus merupakan sebuah program yang dibuat dengan tujuan yang tidak baik, yaitu untuk mencuri data pengguna. Virus akan menduplikasi dirinya sendiri dalam jumlah yang sangat banyak sehingga virus tersebut akan menyebar ke perangkat komputer atau laptop kita. Proses penyebaran virus sangatlah cepat, bahkan hanya dalam satu klik komputer bisa terserang virus. Virus memang program yang sangat mengganggu, karena selain akan merusak dari file yang kita punya virus juga dapat menyembunyikan file sehingga kita akan kesulitan dalam mencari file tersebut.

Baca juga: Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Mengapa komputer saya bisa terkena virus?

Virus biasanya menyebar melalui beberapa media seperti jaringan, atau flashdisk yang ditancapkan
sana sini sehingga akan menularkan sebuah virus. Virus biasanya masuk pada flashdisk kemudian flashdisk tersebut ditancapkan pada komputer kita sehingga virus dapat masuk ke komputer kita.
Bagaimana virus bisa masuk ke komputer pribadi kita?

Virus akan masuk ke komputer kita dari segala penjuru ketika sistem security komputer kita mulai lemah, virus akan selalu mencari celah agar bisa masuk ke komputer kita. Ada beberapa media yang memungkinkan virus bisa masuk ke komputer pribadi kita.

1. Flashdisk
Perangkat ini adalah perangkat yang paling sering kita gunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain. Saat kita menancapkan flashdisk pada komputer yang terkena virus maka dari sinilah virus akan masuk ke dalam flashdisk dan jika kita menancapkan flashdisk tersebut pada komputer kita maka virus dengan cepat akan berusaha masuk ke dalam komputer kita. Jadi saya saranka setelah anda mengkopi data maka lakukan scaning flashdisk terlebih dahulu sebelum anda membukan data flashdisk tersebut.

Baca juga: Tips Mengamankan Flashdisk Dari Virus Komputer

2. Jaringan Komputer (LAN, WLAN)

Komputer yang saling terhubung akan rentan terhadap virus sehingga apabila salah satu komputer terkena virus maka biasanya hampir semua perangkat akan terkena virus, apalagi jika antivirus pada komputer tersebut tidak pernah diupdate sama sekali. Dengan jaringan komputer memang memudahkan kita dalam mengakses dan memindahkan file dari satu komputer ke komputer yang lain, akan tetapi jika file yang kita copy sudah terinfeksi virus maka komputer kita juga akan terkena virus.

3. Internet

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi memang sangat pesat, sehingga hampir semua orang setiap harinya akan mengakses internet. Virus bisa masuk ke komputer kita melalui jaringan ini. Virus biasanya akan disisipkan pada file dan tanpa sengaja kita mengunduh file tersebut sehingga vvirus bisa masuk ke komputer kita. Selain itu para pembuat virus juga mengirimkan virus melalui email, sehingga pada saat kita membuka email tersebut, virus akan masuk ke komputer kita.

Baca juga: Pengertian Internet dan Sejarah Perkembangannya

4. Bluetooth

Bluetooth merupakan media perantara tanpa kabel yang memungkinkan kita dapat memidahkan file atau mengkopi file dari komputer satu ke komputer lainnya atau dari perangkat mobile ke komputer. Data atau file yang terinfeksi oleh virus akan masuk ke komputer kita dengan menyisipkan dirinya pada file tersebut, setelah itu virus tersebut akan menggandakan dirinya sendiri untuk menebarkan virus pada komputer kita. (Baca juga: Pengertian dan Fungsi Bluetooth)


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

3 comments:

  1. Kami melayani jasa services komputer panggilan
    Services komputer antar/jemput bagi anda
    Jika ingin services komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi Kami
    Maka Kami akan pergi ketempat anda

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)
    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas infonya gan, semoga blog Tutorial Komputer dengan alamat http://tutorial-mj.blogspot.co.id dapat menyalurkan informasi kepada orang yang membutuhkan, terima kasih sudah berkunjung

      Delete

  2. A computer virus is a computer program that is deliberately created by programmers that were made ​​program can duplicate or copy itself and spreads by inserting copies of itself into other programs or documents .
    togel sgp

    ReplyDelete

Google+ Followers