Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Macam-macam Harddisk Komputer dan Ukuran Kapasitasnya

Pengertian dan Fungsi Hardisk Komputer

Hardisk adalah media penyimpanan pada perangkat komputer, Perangkat sangat berperan penting untuk menyimpan data baik itu aplikasi, program, maupun data. Dari tahun ke tahun hardisk mengalami banyak perkembangan, sehingga kapasitas hardisk yang ada pada saat ini mempunyai ukuran yang sangat besar sehingga mampu menyimpan data yang sangat banyak.

Macam-Macam Hardisk Komputer dan Kegunaannya

Jenis hardisk yang terjual dipasaran ada 3 macam yaitu:

1. Harddisk IDE ( Integrated Device Electronics )

IDE atau Integrated Device Electronics adalah hardisk yang mempunyai konektor 40 pin data dan 4 pin power. Hardisk ini sering disebut juga harddisk ATA (Advanced Technology Attachment), Selain itu hardisk ini juga dilengkapi dengan jumper yang dapat berfungsi untuk merubah settingan koneksi ke motherboard. Harddisk ini mempunyai ukran yang lebih besar dibandingkan hardisk yang lain. Ukuran kapasitas dari hardisk ini adalah 10 GB, 20 GB, 40 GB, 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250 GB dan 320 GB.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Harddisk Komputer


2. Harddisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment)

Harddisk SATA atau Serial Advanced Technology Attachment yaitu hardisk komputer yang memiliki 4 pin untuk data dan 7 pin untuk power. Pada hardisk jenis ini sudah tidak ada jumper seperti halnya pada hardisk ATA karena hardisk jenis ini tidak memerlukan settingan koneksi ke motherboard. Hardisk SATA mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan hardisk IDE karena kecepatan aksesnya lebih tinggi dibandingkan dengan hardisk jenis IDE. Harddisk jenis SATA mempunyai kapasitas 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 TB dan 2 TB.

Baca juga: Cara Melakukan Disk Defragmenter Harddisk pada Windows


3. Hardisk SCSI (Small Computer System Interface)

Hardisk SCSI atau Small Computer System Interface yaitu hardisk komputer yang memiliki kecepatan akses lebih tinggi dibandingkan dengan hardisk jenis IDE dan SATA. Hardisk jenis ini juga memiliki konektor yang berbeda dengan jenis lainnya yaitu jenis SCSI 50 - 68 pin. Hardisk jenis ini biasanya digunakan untuk komputer server karena komputer server membutuhkan akses data lebih cepat dibandingkan dengan komputer biasa. Kapasitas hardisk jenis ini berkisar 160 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 TB, 2 Tb bahkan 5 TB.



Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

4 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih gan, semoga Tutorial Komputer tentang Macam-macam Hardisk Komputer dan ukuran kapasitasnya ini bisa bermanfaat, dan terima kasih sudah berkunjung di http://tutorial-mj.blogspot.co.id

      Delete
  2. kalau SCSI bisa nggak ya dipakai komputer kelas konsumen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bisa saja gan, karena hardisk sama aja, akan tetapi hardisk jenis ini harganya kan relatif lebih mahal, jadi sayang kalau hanya dipakai untuk komputer biasa, heheheh

      Delete

Google+ Followers