Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan fungsi Hardisk komputer

Pengertian Hardisk Komputer

Hardisk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data. Data yang disimpan bisa berupa sistem operasi, data pribadi kita maupun aplikasi penunjang kinerja komputer, Hard disk mempunyai peranan yang sangat penting pada sistem komputer karena komputer tanpa harddisk, maka komputer tersebut tidak bisa menjalankan tugas-tugasnya. Seiring perkembangan komputer yang semakin pesat, hard disk juga mengalami perkembangan, baik perkembangan dalam segi kapasitas, bentuk, model maupun kecepatan akses dari hard disk itu sendiri. Ukuran satuan hard disk adalah giga byte (Gb), sebagai contoh : 20 Gb, 40Gb, 80Gb, 120 GB,160Gb, 256 Gb, 320 Gb, 500 Gb, dan seterusnya, karena saat ini kapasitas hard disk menjadi semakin besar.


Fungsi Hardisk Komputer

Pada Dasarnya hardisk adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data secara permanen. Data yang disimpan didalam hardisk akan tetap ada meskipun komputer akan dimatikan. Hardisk bisa dikategorikan storage device yang paling utama pada komputer karena baik semua data dan program akan disimpan didalam perangkat ini

Baca Juga: Macam Hardisk Komputer beserta kapasitasnya

Berdasarkan perkembangan hard disk, ada 3 jenlis hard disk yang dikenal saat ini, diantaranya:
  1. Hard disk Parallel ATA (PATA), digunakan untuk jenis komputer model lama yang menggunakan kabel 40 pin sebagai penghubung ke motherboard yang berbentuk seperti pita, biasanya para teknisi komputer menyebutnya dengan kabel data. Hard disk ATA memliki kecepatan rotasi 3600 rpm atau ATA 66, 5400 rpm atau ATA 100 dan 7200 rpm atau ATA 133.
  2. Hard disk Serial ATA (SATA), hard disk ini sama dengan hard disk PATA, hanya saja yang membedakan antara keduanya terletak pada port dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan Hard disk ke motherboard. Kabel pada hard disk SATA mempunyai ukuran yang lebih kecil dari pada IDE 40 pin tetapi kabel SATA mempunyai kecepatan 7200 rpm sehingga kecepatan transfer data pada kabel SATA menjadi lebih cepat.
  3. Hard disk SCSI adalah hard disk yang mempunyai kecepatan akses yang sangat cepat dibanding hard disk sebelumnya yaitu mencapai 10000 rpm. Hard disk ini tidak biasa digunakan untuk komputer home atau rumahankarena hard disk ini digunakan untuk komputer server. Interface hard disk SCSI menggunakan I/O card yang menghubungkan antara hard disk dengan mainboard.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

1 comment:

Google+ Followers