Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian Virus Komputer

Apa Itu Virus Komputer?

Virus Komputer merupakan sebuah software atau program yang masuk ke komputer kita dengan cara bersembunyi pada file tertentu kemudian program tersebut akan menggandakan dirinya sendiri sehingga mengganggu program aplikasi yang lain. Virus komputer diciptakan dengan tujuan yang tidak baik yaitu untuk mencuri data dari pengguna komputer tersebut. Virus Komputer mempunyai banyak macamnya diantaranya: virus, trojan, worm, dan lain-lain.

Baca juga: Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya.

Banyak efek buruk yang ditimbulkan oleh virus komputer, karena selain dapat menggandakan dirinya sendiri sehingga membuat kapasitas harddisk dan media penyimpanan lainnya menjadi penuh. Selain itu virus juga dapat menyembunyikan file dan membuat data tersebut seolah-olah hilang dari komputer kita bahkan keberadaan virus komputer menyebabkan komputer kita menjadi lemot atau sangat lambat sekali dalam menjalankan proses.
Virus komputer masuk ke komputer kita bisa melalui beberapa media seperti flashdisk yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain, dari internet bahkan dari bluetooth pada saat kita memindahkan file tertentu.

Baca juga: Bagaimana Cara Virus Menyerang komputer Kita?

Bagaimana Cara Mengantisipasi Virus Komputer ?

Untuk mengantisipasi penyebaran dari virus, kita bisa memasang antivirus pada komputer kita, Antivirus akan memblokir atau mengkarantina file yang terindikasi terserang virus sehingga virus tersebut tidak akan menyebar ke file yang lain.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Antivirus

Untuk dapat mengoptimalkan kerja antivirus, kita harus sering melakukan update secara berkala untuk memperbaharui database dari antivirus tersebut. Setiap pengembang antivirus akan memberikan fasilitas update secar berkala yang dapat dilakukan secar online. Sehingga dengan data base yang baru antivirus tersebut diharapkan dapat mendeteksi virus komputer jenis baru yang mengancam komputer kita.



Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

1 comment:

Google+ Followers