Pengertian dan Fungsi IP Privat pada Jaringan Komputer - Internet Protocol Address Privat

Pengertian IP Privat pada Jaringan Komputer

IP Privat adalah sebuah alamat atau IP Address yang diberikan ke komputer atau laptop yang dan tidak terhubung ke jaringan internet. IP Privat akan berkomunikasi dan terhubung kejaringan internet melalui NAT. NAT sendiri biasanya dikonfigurasikan didalam router yang terhubung ke internet sebelum masuk ke jaringan lokal.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi NAT (Network Address Translation)

IP privat biasanya digunakan pada jaringan LAN atau LOcal Area Network yang mana IP privat tersebut tidak bisa diakses oleh IP publik. IP Privat biasanya digunakan pada komputer didalam laboratorium komputer atau kantor guna memudahkan akses ke masing-masing komputer.

Baca Juga: Pengertidan dan Fungsi IP Address Komputer


Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Subneting pada Jaringan Komputer

Fungsi IP Privat pada Jaringan Komputer

IP privat digunakan untuk memberikan penomoran komputer secara unik pada jaringan lokal. IP address yang diberikan tersebut biasanya dibedakan menjadi beberapa kelas, dan masing-masing kelas pada IP address mempunyai rentang yang berbeda-beda.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Network ID pada Jaringan Komputer

IP address yang memudahkan jaringan bisa saling berkomunikasi, selain itu juga memudahkan dalam pengiriman paket data. IP Address pada komputer bisa diibarat alamat atau no telp yang bisa dituju atau dihubungi.
Pengertian dan Fungsi IP Privat pada Jaringan Komputer - Internet Protocol Address Privat Pengertian dan Fungsi IP Privat pada Jaringan Komputer - Internet Protocol Address Privat Reviewed by Mujiono on 12:13 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.