Pengertian dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) pada Jaringan komputer

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer

Hypertext Transfer Protocol atau biasa kita sebuat dengan HTTP adalah sebuah protocol dalam jaringan yang digunakan untuk pengiriman paket data atau dokumen dalam sebuah Internet (WWW atau World Wide Web). HTTP sendiri merupakan sebuah protocol yang digunakan sebagai komunikasi data dalam dunia internet yang mana HTTP untuk didistribusikan dan sistem informasi hypermedia.


Fungsi HTTP (Hypertest Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer

HTTP atau Hypertest Transfer Protocol berfungsi untuk melakukan format terhadap paket data yang sudah ditentukandan ditransimisikan menjadi sebuah data/file dengan format yang disa direspon oleh browser (google chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, UC Browser) sehingga browser-browser tersebut mamapu memunculkan data yang sudah dikirim.

Baca Juga: Macam-macam Protocol Yang paling Sering Digunakan Dalam jaringan Komputer

HTTP memungkinkan setiap komputer dapat mengirimkan dan menerima pesan. Ada banyak protocol pada jaringan komputer yang paling umum digunakan selain HTTP yaitu SMTP, FTP, IMAP, POP3 dan lain-lain.

Sejarah HTTP (Hypertest Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol pertama kali digunakan dalam WWW yaitu sekitar tahun 1990. Protocol HTTP yang digunakan pada saat itu adalah versi 0.9 yang merupakan protokol transfer data secara mentah data yang dikirimkan tanpa melihat tipe dari dokumen itu sendiri.

Selanjutnya pada tahun 1996, protokol HTTP mengalami perkembangan sehingga menjadi protokol HTTP versi 1.0. Dan pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi selanjjutnya yaitu 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Protocol Pada Jaringan Komputer

HTTP adalah protocol aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas TCP (transmission Control Protocol). Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptkan sebuah hubungan ke port tertentu di sebua hserver webhosting tertentu. Umumnya port yang digunakan adalah port 80. Klien juga sering dikenal dengan user agent, sedangkan server yang meresponnya dan juga meyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server.
Pengertian dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) pada Jaringan komputer Pengertian dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) pada Jaringan komputer Reviewed by Mujiono on 9:56 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.