Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Macam-macam Protocol yang paling Sering Digunakan Dalam jaringan Komputer/Internet

Pengertian Protocol pada Jaringan Komputer

Protocol dalah seperangkat aturan yang digunakan dalam jaringan komputer yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain. Protocol akan menentukan prosedur pengiriman data.
Pada Jaringan Komputer banyak sekali protocol-protocol yang bisa digunakan dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Pengertian dan Tugas Protocol dalam Jaringan Komputer


Berikut adalah macam-macam Protocol yag paling sering digunakan dalam jaringan komputer:

1. Transmission Control Protocol (TCP)

Transmission Control Protocol atau biasa dikenal dengan TCP adalah bagian inti penting dari Internet protocol sehingga TCP biasa juga disebut TCP/IP. TCP akan menyediakan komunikasi yang dapat diandalkan dan mempunyai urutan yang tersusun rapi.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Layer TCP IP

2. User Datagram Protocol (UDP)

User Datagram Protol atau biasa disebut dengan UDP adalah salah satu protocol lapisan transport pada Protocol TCP/IP yang mendukung komunikasi tidak andal atau unreliable, tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan komputer yang menggunakan protocol TCP/IP.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi DNS ( Domain Name System )

3. Internet Control Message Protocol (IMCP)

Internet Control Message Protocol atau biasa disebut dengan IMCP merupakan salah satu procol paling utama dari sebuah Internet Protocol Suite yang biasa digunakan pada perangkat keras jaringan komputer seperti router untuk mengirimkan pesan atau message yang menunjukkan adanya kesalahan dalam jaringan komputer. Sebagai Contoh: Pesan yang menunjukan bahwa host atau perangkat tidak bisa dihubungi.

4. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

Hypertext Transfer Protocol atau biasa disebut dengan HTTP adalah sebuah protocol dalam jaringan komputer yang digunakan untuk pengiriman dokumen atau halaman dalam World Wide Web (WWW).

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Telnet ( Telecomunication Network )

5. Post Office Protocol (POP3)

post Office Protocol atau biasa disebut dengan POP3 adalah sebuah protocol dalam jaringan komputer yang biasa digunakan untuk mengambil surat elektronik atau kita sering menyebutnya dengan email  dari server email tersebut. Jadi POP3 selalu berhubungan dengan layana email.

6. File transfer Protocol (FTP)

File Transfer Protocol atau FTP adalah sebuah protocol internet yang berfungsi untuk pengiriman paket data dalam jaringan komputer. Pengiriman data yang dimaksud adalah proses upload atau download data dalam jaringan internet.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi FTP (File Transfer Protocol)

7. Internet Message Access Protocol (IMAP)

Internet Message Access Protocol atau biasa disebut dengan IMAP adalah sebuah protocol standart untuk mengambil ataupun mengakses email dari server. IMAP sendiri memungkinkan user dapat memilih pesan email yang akan diambil, membuat folder, mencari email tertentu dan menghapus sebuah pesan diemail.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Friends