Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kelemahan Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dalam Jaringan Komputer

Pengertian Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Kabel Unshielded Twisted Pair atau biasa disebut dengan kabel UTP adalah sepasang kabel yang ditwist/dipilin satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel. kabel UTP pada umumnya yang paling sering dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel / 8kabel dengan warna yang berbeda-beda. Kabel UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m. Akan tetapi kabel UTP sendiri mempunyai kategori-kategori tertentu sehingga setiap kategori dari kabel utp memiliki kemampuan yang berbeda.


Fungsi Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Kabel UTP dalam jaringan komputer berfungsi untuk menghubungkan perangkat-peragkat (printer, komputer, server, access point, switch, hub dan router) dalam jaringan sehingga masing-masing perangkat dalam jaringan tersebut dapat saling berkomunikasi satu sama lain dan membentuk jaringan komputer.

Baca Juga: Pengertian dan Macam Jaringan Komputer

Jenis Kabel UTP dalam Jaringan Komputer Berdasarkan Identifikasi Kabel

Ketika kita menggunakan kabel UTP untuk membangun sebuah jaringan komputer kita harus bisa mengidentifikasi dengan baik dengan memeriksa masing-masing ujung kabel. kabel UTP sebenarnya sama saja akan tetapi yang membedakan adalah penyusunan kabel sehingga dalam istilah komputer dikenal dengan kabel straight dan kabel cross, yang mana dari masing-masing jenis kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Anda harus terbiasa dengan baik untuk bisa mengidentifikasikan cabling ini dengan memeriksa pin-2 nya. Sebenarnya ada dua macam standard yaitu:
  1. T568-A adalah kabel lan UTP jenis straight through, kedua ujung penempatan kabel pada pin-2 konektor RJ-45 adalah sama. Kebel ini digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda, misalnya: komputer dengan switch, komputer dengan router, router dengan switch.
  2. T568-B adalah kabel lan UTP jenis cross-over. Anda bisa perhatikan dengan seksama pada kabel cross-over ini, pasangan pin 2 dan 6 dan pasangan pin 1 dan 3 bertukar tempat. Kabel Cross berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama seperti: komputer dengan komputer, switch dengan switch.
Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Konektor RJ 45

Jenis kabel UTP berdasarkan kategori Kabel UTP
  1. Category (CAT) 1 Digunakan untuk telekomunikasi telepon dan tidak sesuai untuk transmisi data.
  2. Category (CAT) 2 Jenis UTP ini dapat melakukan transmisi data sampai kecepatan 4 Mbps.
  3. Category (CAT) 3 Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 10 Mbps.
  4. Category (CAT) 4 Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 16 Mbps.
  5. Category (CAT) 5 Merupakan jenis yang paling popular dipakai dalam jaringan komputer di dunia pada saat ini. Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 100 Mbps
Baca Juga: Pengertian dan Fungsi HUB dalam Jaringan Komputer Secara Lengkap

Kelebihan dan Kelemahan Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Kelebihan Kabel UTP:
  • Harga relatif lebih murah dan mudah untuk mendapatkannya
  • Mudah dalam instalasi, akan tetapi harus paham konsep pengkabelan
  • Memiliki ukuran kecil
Kekurangan Kabel UTP :
  • Rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik
  • Jarak jangkauannya hanya 100m, sehingga jika ingin menghubungkan jarak yang lebih jauh membutuhkan repeater.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Friends