Perbedaan Data Warehouse dan Sistem OLTP pada Data Mining

Pengertian Data Warehouse pada Data Mining

Data Warehouse atau Gudang data merupakan suatu sistem manajemen basisdata relasional (RDMS) yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan akan sistem pengolahan transaksi.

Pengertian OLTP pada Data Mining

Dikutip dari kompasiana.com yang ditulis pada artikel tanggal 14 Mei 2013 Online Transaction Processing atau sering dikenal dengan OLTP adalah sistem yang berorientasi proses yang memproses transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan. Misalnya biasa digunakan pada sebuah supermarket, kasir menggunakan mesin dalam proses transaksinya.

Baca Juga: Proses Dalam Data Warehouse pada Data Mining

Sebuah basisdata yang dibangun untuk pengolahan transaksi secara online (OLTP), secara umum dipandang tidak cocok untuk data warehouse dikanenakan mereka didesain dengan suatu kumpulan kebutuhan yang berbeda, yaitu memaksimalkan kapasitas transaksi dan secara khusus mempunyai ratusan tabel dalam urutan yang tidak membatasi user, dsb. Data warehouse dipandang dalam proses query sebagai lawan dari proses transaksi.

Sistem OLTP tidak dapat menjadi tempat penyimpanan dari data fakta dan histori untuk analisa bisnis.Sistem ini tidak dapat menjawab secara cepat query dan pengambilan kembali secara cepat hampir tidak mungkin. Data yang tidak konsisten dan berubah, duplikasi masukan yang ada, masukan yang hi-lang dan tidak adanya data histori yang diperlukan untuk menganalisa trend.Pada dasarnya OLTP menawarkan sejumlah besar data mentah yang tidak mudah dipahami.Data warehouse menawarkan kemampuan untuk mengambil kembali dan menganalisa informasi secara cepat dan mudah. Data warehouse mempunyai kesamaan dengan OLTP‘seperti terlihat pada tabel berikut :


Baca Juga: Karakteristik Data Warehouse pada Data Mining

Data warehouse melayani tujuan yang berbeda dari sistem OLTP dengan memperbolehkan analisa query sebagai jawaban terhadap "simple aggregation" seperti “bagaimana catatan keuangan dari kastemer ini?" Query data warehouse khusus meliputi seperti "produk yang bagaimana yang paling laku di Amerika tengah dan bagaimana korelasi terhadap data demografis?"

Perbedaan Data Warehouse dan Sistem OLTP pada Data Mining Perbedaan Data Warehouse dan Sistem OLTP pada Data Mining Reviewed by Teori Komputer on 6:32 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.