Jenis VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

Apa Pengertian dari Virtual Local Area Network atau yang biasa disebut dengan VLAN?

VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah kelompok perangkat dalam jaringan atau lebih yang dikonfigurasikan dengan menggunakan perangkat lunak pengelolaan sehingga sistem ini tidak benar-benar nyataakan tetapi tetap dapat berkomunikasi seperti halnya perangkat tersebut terhubung secara fisik.

VLAN banyak digunakan karena memiliki Security atau tingkat keamanan data dari setiap divisi dapat dibuat tersendiri, oleh karena itu segmennya bisa dipisah secara logika. Lalu lintas data dibatasi segmennya. Selain itu menggunakan VLAN juga dapat membuat penghematan biaya yang dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.


Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan menggunakan VLAN (Virtual Local Area Network)

Jenis VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

Apa saja jenis VLAN dalam jaringan komputer? Berdasarkan perbedaan pemberian membership VLAN terbagi menjadi lima jenis, yaitu :

1. Port based : VLAN jenis nini akan melakukan konfigurasi pada port dan memasukkannya
pada kelompok VLAN sendiri sehingga apabila port tersebut akan dihubungkan dengan beberapa VLAN maka port tersebut harus berubah fungsi menjadi port trunk (VTP).

2. MAC based : Pada jenis VLAN yang kedua yaitu MAC based yaitu sebuah VLAN dengan sistem Membership atau pengelompokan pada jenis ini didasarkan pada MAC Address. Tiap switch memiliki tabel MAC Address tiap komputer beserta kelompok VLAN tempat komputer itu berada.

3. Protocol based : Karena VLAN bekerja pada layer 2 (OSI) maka penggunaan protokol (IP dan IP Extended) sebagai dasar VLAN dapat dilakukan.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi VLAN (Virtual local Area Network) Pada Jaringan Komputer

4. IP Subnet Address based : VLAN selain bekerja pada layer 2, VLAN dapat bekerja pada layer 3, sehingga alamat subnet dapat digunakan sebagai dasar VLAN.

5. Authentication based : Device atau komputer bisa diletakkan secara otomatis di dalam jaringan VLAN yang didasarkan pada autentifikasi user atau komputer menggunakan protokol 802.1x.
Jenis VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer Jenis VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer Reviewed by Teori Komputer on 7:45 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.