Pengertian dan Fungsi Blitz Pada Asesoris Kamera

Pengertian Blitz Pada Asesoris Kamera

Blitz atau bisa kita kenal dengan Lampu Kilat ataupun Flash merupakan sebuah perangkat yang mampu memberikan cahaya buatan pada obyek gambar yang akan kita ambil. Perangkat ini digunakan pada saat memotret atau mengambil gambar pada saat kondisi ruang kekurangan cahaya, seperti pada saat kita mengambil gambar di dalam ruangan, di tempat-tempat yang gelap, pengambilan gambar pada saat malam hari, dan lain sebagainya.

Fungsi Blitz Sebagai Asesoris Kamera

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa blitz sendiri adalah lampu kilat dimana lampu kilat ini berfungsi untuk memberikan cahaya pada saat kita mengambil gambar sehingga akan menghasilkan jepretan foto yang sangat bagus.


Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Filter Sebagai Asesoris Kamera

Blitz sendiri memiliki ukuran kekuatan lampu kilat yang disebut dengan GN (Guide Number). Semakin besar nilai GN maka semakin kuat juga lampu kilat menerangi obyek, dalam pengertian semakin besar GN maka jangkauan lampu kilat ini akan semakin jauh, dan biasanya semakin
besar pula fisik lampu kilat tersebut.

Setiap Blitz atau lampu kilat memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung dari tipe dan
GN yang dimiliki dari perangkat tersebut. Akan tetapi efek lampu kilat ini ditentukan juga oleh besarnya bukaan diafragma dan kecepatan film. Jadi semakin besar bukaan diafragma, maka akan semakin jauh daya jangkau sebuah blitz, begitu juga dengan kecepatan film, semakin besar ASA film maka daya jangkau blitz akan semakin jauh.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Tripod Sebagai Asesoris Kamera

Selain dipergunakan ditempat yang gelap atau kekurangan cahaya, blitz mampu juga dipergunakan pada tempat dan kondisi yang terang dengan tujuan tertentu. Misalnya untuk memotret obyek yang mendapat penyinaran oleh matahari dari sebelah kiri, maka di sebelah kanan obyek akan menampilkan bayangan hitam yang sangat kuat, maka dengan menggunakan blitz akan melembutkan atau mengurangi efek bayangan yang terlalu gelap yang ditimbulkan oleh cahaya matahari yang sangat kuat tersebut. Teknik ini biasa disebut dengan Fill in.

Pengertian dan Fungsi Blitz Pada Asesoris Kamera Pengertian dan Fungsi Blitz Pada Asesoris Kamera Reviewed by Unknown on 8:15 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.