Jenis-jenis Mikrotik pada Jaringan komputer

Pengertian Mikrotik

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer yang mengembangkan perangkat lunak atau software dan perangkat keras dalam jaringan. Mikrotik sendiri mempunyai motto yaitu "Routing the World". Perusahaan ini terletak di Kota Riga, Latvia (Eropa bagian utara).

Mikrotik sendiri mengembangkan beberapa jenis dari produknya yaitu sistem operasi yang diberi nama Mikrotik RouterOS dan RouterBoard yaitu sebuah perangkat keras yang sudah berisi sistem operasi mikrotik yang mampu menjalankan semua fungsi seperti router.


Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Mikrotik pada Jaringan Komputer

Jenis-jenis Mikrotik

1. Mikrotik RouterOS
Mikrotik RouterOS adalah sebuah sistem operasi jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan untuk bisa menjadikan komputer biasa mempunyai kemampuan seperti halnya router, firewall, bridge, hotspot, proxy server dan lain sebagainya. Sistem operasi ini sangat ringan dan hanya membutuhkan spesifikasi peraskat keras yang rendah untuk bisa menjalankannya. Untuk itu banyak orang menggunakan sistem operasi ini untuk membangun router pada jaringan mereka. kestabilan dan kemudahan yang ditawarkan oleh mikrotik routerOS membuat banyak perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pendidikan berbasis networking menggunakan mikrotik sebagai dasar dan standar untuk router.


Baca Juga: Router Komputer - Router PC

Berikut adalah kelebihan yang ditawarkan oleh mikrotik RouterOS

  • Mikrotik RouterOS mampu merubah komputer biasa (PC) sebagai router yang handal dan berkwalitas.
  • Berbasis linux sehingga sangat ringan untuk digunakan.
  • Diinstall sebagai sistem operasi
  • Biasanya diinstall pada power PC

Baca Juga: Langkah Instalasi Mikrotik

2. RouterBoard
RouterBoard adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang dikembangkan oleh mikrotik yang didalamnya terinstall sistem operasi mikrotik RouterOS. RouterBoard seperti halnya komputer, tetapi RouterBoard memilki ukuran yang sangan kecil dan praktis. Didalam RouterBoard juga terdapat Processor, RAM, ROM dan memory flash.


Pada Routerboard juga tersedia mulai low-end sampai dengan hight-end Router. Product dari mikrotik RouterBoard yang paling sering kita jumpai dipasaran adalah Mikrotik RB750.
Jenis-jenis Mikrotik pada Jaringan komputer Jenis-jenis Mikrotik pada Jaringan komputer Reviewed by Mujiono on 3:39 PM Rating: 5

2 comments:

  1. oke makasih atas infonya, oya di sini fungsi mikrotik router itu apa ?

    ReplyDelete
  2. sama - sama gan
    terima kasih sudah berkunjung di blog saya

    mikrotik itu adalah sistem operasi untuk router
    sedangkan router sendiri mempunyai fungsi menghubungkan jaringan dengan 2 network yang berbeda
    misalnya network dengan ip address kelas A dan ip address kelas C

    ReplyDelete

Powered by Blogger.