Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer

Pengertian SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer

Secure Socket layer atau biasa disingkat dengan SSL adalah sebuah protocol pada layer transport yang menggunakan algoritma berbeda untuk membentuk keamanan dengan sistem otentikasi menggunakan sertifikat, enkripsi, pemeriksaan integritas dan algoritma pertukaran kunci sesi pada jaringan. SSL akan memungkinkan komunikasi antara WWW-server dan WWW-client bisa berkomunikasi secara aman dan terenkripsi sehingga para hacker akan kesulitan untuk mencuri data.


Protokol SSL tidak bisa berjalan sendiri dalam mengamankan data melainkan membutuhkan protokol lain yaitu protokol HTTPS atau HTTP Secure. Dimana HTTP Secure ini adalah protokol HTTP versi aman yang memungkinkan data yang melewati protokol HTTPS dapat dienkripsi.


Kelebihan SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer

SSL menawarkan beberapa tingkat keamanan yang akan membantu administrator mengamankan data yang dikelola. Ada tiga tingkat keamanan yang ditawarkan oleh SSL yaitu:

1. Authentication
Dengan sistem ini memungkinkan untuk dapat memastikan pesan yang diterima berasal dari orang atau user yang memang tersurat.
2. Confidentiality
Dengan sistem ini memungkinkan untuk dapat melindungi pesan dari orang-orang  yang tidak berhak untuk membaca pesan tersebut selama pesan tersebut dikirimkan (dalam lalu lintas data.
3. Integrity
Dengan sistem ini dapat memastikan bahwa pesan tersebut asli dan tidak mengalami perubahan data selama dalam perjalanan pengiriman.


Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer

SSL atau Secure Socket Layer berfungsi untuk menyediakan infrastruktur komunikasi standar yang memungkinkan sebuah aplikasidapat menggunakan infrastruktur tersebut dengan mudah dan hampir tidak terlihat. SSL juga menyediakan otentikasi yang sangat aman. Mekanisme otentikasi dasar seperti password Telnet dan otentikasi HTTP dasar menjadi sangat kuat ketika menggunakan SSL dibandingkan dengan TCP biasa, di mana pada SSL password tidak lagi dikirim dalam bentuk plainteks. SSL mengenkripsi koneksi, bukan data pada kedua pihak yang berkomunikasi, dan tidak mengandung mekanisme untuk otentikasi user ataupun perlindungan password (hanya koneksi yang diotentikasi, keamanannya akan gagal jika mesin pada kedua pihak yang berkomunikasi compromised).
Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 11:21 AM Rating: 5

5 comments:

  1. Apakah SSL yang di gratiskan oleh penyedia hosting saat ini apakah sudah secure atau belum ya??

    ReplyDelete
  2. Untuk sekarang HTTPS versi berapa ya?

    ReplyDelete
  3. I precisely wished to thank you very much yet again. I am not sure the things that I might have accomplished without the type of creative concepts discussed by you directly on such area. It seemed to be a very challenging problem for me, but coming across a specialised approach you managed that took me to weep with gladness. Now i’m happy for the information and as well , hope that you know what a great job your are doing teaching many others through the use of a site. More than likely you’ve never got to know all of us. website tips

    ReplyDelete
  4. I read that Post and got it fine and informative. Top spanner set India

    ReplyDelete

Powered by Blogger.