Pengertian dan Jenis Bandwidth dalam Jaringan

Pengertian Bandwidth Dalam Jaringan Komputer

What is Bandwidth? Bandwidth adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan dan akan mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan komputer tersebut sehingga semakin besar Bandwidth pada jaringan komputer maka semakin cepat pula kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.

Bandwidth juga bisa diartikan sebagai kapasitas maksimun dari jalur komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan paket data antar server, maupun antara client dengan server dalam hitungan bit per second (bps)


Baca Juga: Router Komputer - Router PC

Pada saat ini bandwidth yang yang tersedia menjadi sangat besar karena dukungan dari fasilitas dan infrastruktur yang sangat bagus. Sekarang juga banyak berkembang teknologi fiber dimana teknologi tersebut memungkinkan ISP dapat menyediakan bandwidth dengan kapasitas yang besar.

bandwidth akan mempengaruhi kecepatan transfer data dalam jaringan sehingga informasi akan sangat cepat didapat. Satuan yang digunakan untuk mengukur bandwidth adalah Mbps (megabit per second). Sehingga, jika kita memiliki bandwidth dengan kapasitas 100 Mbps maka jumlah paket data maksimum yang dapat dilewati suatu saluran komunikasi mencapai 100 Mbps per detiknya. Semakin besar suatu bandwidth maka akan semakin besar juga volume data yang bisa dilewati saluran komunikasi tersebut.

Baca Juga: Pengertian point to Point Protocol

Jenis-jenis Bandwidth Dalam Jaringan Komputer

Pada sebuah jaringan komputer Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu Bandwidth digital dan Bandwidth analog. Berikut adalah penjelasan masing - masing Bandwidth tersebut:
  • Bandwidth digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  • Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.
Pengertian dan Jenis Bandwidth dalam Jaringan Pengertian dan Jenis Bandwidth dalam Jaringan Reviewed by Mujiono on 6:46 AM Rating: 5

21 comments:

  1. thanks gan artikelnya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Makasih atas infonya terus berkembang

    ReplyDelete
  3. Thank u artikelx
    Lumayan buat ngerjain pr

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat

      Delete
  4. Replies
    1. sama sama sob, semoga artikel tentang bandwitch ini bisa bermanfaat

      Delete
  5. Trims ats materix. Semangat(^_^)

    ReplyDelete
  6. Nice Info nih gan, tp saya pengen tanya dari masing2 tipe benwith (analog dan digital) tersebut biasanya digunakan oleh siapa ya?
    Regrats :

    ReplyDelete
  7. gan,
    tolong pencerahannya.
    Jika kita menyewa 1 mb/unlimited. dan masing2 pc (4pc) saya setting 1 mb dgn mikrotik, apakah nanti masing2 pc akan dapat 1mb.? trm ksh banyak.

    ReplyDelete
  8. terimakasih buat infonya....
    ini sangat burguna buat anak it

    ReplyDelete
  9. Makasi min infonya

    min ini dibuat artikelnya kapan yaa? klo saya boleh tau

    ReplyDelete
  10. gan klo ane mau beli hosting trs pilihannya kaya gini.
    Standar - MOST WANTED (50MB) - INDO - Space 50MB / BW 5000MB/ Full Feature... mksdnya gmn?

    ReplyDelete
  11. kurang lengkap nii ada yang lebih panjang lagi gak pengerian nya selain itu

    ReplyDelete
  12. makasih infonya cukup membantu saya..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.