Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi FTP (File Transfer Protocol) Beserta Cara Kerjanya

Apakah yang dimaksud dengan FTP?

Ketika kita melakukan download maupun upload data pada jaringan internet tentu kita akan berfikir bagaimana kita bisa melakukan proses tersebut?(upload dan download)

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol yang merupakan protokol internet yang berfungsi untuk pengiriman paket data dalam jaringan komputer. Pengiriman data yang dimaksud adalah proses download maupun upload data dari dan ke jaringan internet. Proses tersebut biasanya dilakukan oleh FTP client dan FTP server.

FTP bisa diatur sesuai dengan keinginan kita, salah satunya dengan merubah FTP menjadi FTP Public sehingga semua orang dapat mengakses dan mengirimkan data ke server dengan sangat mudah. Selain itu FTP juga bisa di setting lebih privat artinya admin dapat membatasi user yang dapat mengakses FTP server.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi VPN (Virtual Private Network)

Manfaat FTP (File Transfer Protocol) pada jaringan komputer.
  • Dengan adanya FTP user dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah dan aman.
  • FTP dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data Website dengan mudah
  • Dengan FTP memungkinkan transfer data yang reliable dan efisien.
  • Dengan FTP user dapat melakukan indirect dan implicit remote computer.
Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol) pada jaringan komputer.

Prinsip kerja dari FTP adan menggunakan autentikasi standart yang mana untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server diperlukan username dan password, sehingga user yang terdaftar pada sistem memiliki hak akses untuk membuka direktori dan file yang ada didalamnya.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Telnet (Telecomunication Network)

FTP client akan mengirimkan pesan untuk meminta layanan tukar menukar data pada FTP server. Setelah FTP client terkoneksi dengan FTP Server maka FTP Client dapat melakukan proses download, upload dan proses lain sesuai dengan izin dan hak akses yang diberikan oleh FTP server.

Perbedaan FTP Client dan FTP Server

FTP client merupakan komputer yang meminta layanan FTP  server untuk dapat melakukan proses upload, download dan proses lain sesuai dengan hak akses dari user.

Baca Juga: Cyberduck - Software FTP Alternatif FileZilla

FTP Server adalah komputer server yang bertugas untuk memberikan layanan pada FTP client untuk dapat melakukan tukar menukar data dengan syarat FTP client meminta request pada FTP server.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

4 comments:

  1. asalam mualaikum says mauk many a mautanya says adalah orang yang bellum mengerti ten tang laptop Dan saya in gin sekali bias menulis do laptop lalu do cetak do prin gimana caranya pakbos moon diberi pengettiyan terima kasih asalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencetak dokumen, terlebih dulu install driver printernya kemudian buka file yang akan dicetak... selanjutnya tekan CTRL + P

      Delete
  2. asalam mualaikum says mauk many a mautanya says adalah orang yang bellum mengerti ten tang laptop Dan saya in gin sekali bias menulis do laptop lalu do cetak do prin gimana caranya pakbos moon diberi pengettiyan terima kasih asalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencetak dokumen, terlebih dulu install driver printernya kemudian buka file yang akan dicetak... selanjutnya tekan CTRL + P

      Delete

Google+ Followers